Peningkatan hasil belajar matematika penjumlahan pecahan melalui model quantum learning tipe tandur pada siswa kelas V SDN 1 Sukorejo Wetan Kabupaten Tulungagung / Hafidz Ali Azmi - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar matematika penjumlahan pecahan melalui model quantum learning tipe tandur pada siswa kelas V SDN 1 Sukorejo Wetan Kabupaten Tulungagung / Hafidz Ali Azmi

Azmi, Hafidz Ali (2016) Peningkatan hasil belajar matematika penjumlahan pecahan melalui model quantum learning tipe tandur pada siswa kelas V SDN 1 Sukorejo Wetan Kabupaten Tulungagung / Hafidz Ali Azmi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Azmi Hafidz Ali 2016 Peningkatan Hasil Belajar Matematika Penjumlahan Pecahan Melalui Model Quantum Learning tipe TANDUR Kelas V SDN 1 Sukorejo Wetan Kabupaten Tulungagung Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof. Dr. H. M. Zainuddin M. Pd (II) Dra. Lilik Bintartik M.Pd Kata kunci Matematika Hasil belajar Model Quantum Learning tipe TANDUR Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan di kelas V SDN 1 Sukorejo Wetan Kabupaten Tulungagung (1) guru menyampaikan materi bilangan pecahan dengan metode ceramah (2) tidak ada penggunaan media dalam pembelajaran sehingga siswa ramai sendiri (3) siswa mengerjakan secara individual tidak ada kegiatan belajar diskusi kelompok. Hal ini berdampak pada hasil tugas yang dikerjakan hanya 4 siswa (30 77%) dari 13 siswa yang mendapat nilai di atas KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Quantum Learning tipe TANDUR dan peningkatan hasil belajar matematika pada siswa kelas V di SDN 1 Sukorejo Wetan Kabupaten Tulungagung melalui Model Quantum Learning tipe TANDUR. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi catatan lapangan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif yang meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dengan menerapkan Model Quantum Learning tipe TANDUR dalam pembelajaran Matematika pada penjumlahan pecahan dapat berjalan dengan baik dan mengalami peningkatan. Pada siklus I nilai rata-rata aktivitas guru sebesar 80 30% dengan kategori baik meningkat menjadi 96 97% dengan kategori sangat baik pada siklus II. Nilai aktivitas siswa sebesar 74 78% dengan kategori cukup pada siklus II meningkat menjadi 96 94% dengan kategori sangat baik. Sementara itu nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pratindakan adalah 58 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 30 77% ketuntasan ini dikategorikan sangat kurang. Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 70 ketuntasan belajar klasikal sebesar 61 54% dengan kategori kurang. Selanjutnya pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 88 ketuntasan belajar klasikal sebesar 92 3% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Quantum Learning tipe TANDUR yang telah dilaksanakan dengan baik oleh guru dan diikuti dengan sangat baik oleh siswa dapat meningkatkan hasil belajar pengetahuan siswa pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan pecahan yang semula sangat kurang menjadi sangat baik dan dapat meningkatkan sikap disiplin kerjasama tanggung jawab serta keterampilan menjawab pertanyaan dan berhitung siswa kelas V di SDN 1 Sukorejo Wetan Kabupaten Tulungagung. Oleh karena itu disarankan kepada guru untuk menerapkan Model Quantum Learning tipe TANDUR pada materi lain yang sesuai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6284

Actions (login required)

View Item View Item