Pengembangan perangkat pembelajaran tematik kelas 1 sekolah dasar / Nur Trianingsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran tematik kelas 1 sekolah dasar / Nur Trianingsih

Trianingsih, Nur (2015) Pengembangan perangkat pembelajaran tematik kelas 1 sekolah dasar / Nur Trianingsih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Trianingsih Nur. 2015. Pengembangan Perangkat pembelajaran Tematik Kelas I Sekolah Dasar. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd (II) Dr. Muhana Gipayana M.Pd Kata Kunci pengembangan perangkat pembelajaran tematik Perangkat pembelajaran mempunyai peranan penting dalam proses mencapai tujuan pembelajaran. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan ini dirancang untuk membantu guru kelas 1 untuk mencapai tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan. Tujuan tersebut akan tercapai apabila seluruh kegiatan pembelajaran sudah direncanakan dengan sebaik-baiknya. Perangkat pembelajaran yang akan dikembangkan terdiri atas silabus RPP bahan ajaryang berupa buku siswa dan buku panduan guru. Penelitian ini dilakukan berdasarkan temuan di kelas I SDN Sangon terkait dengan kesulitan dalam menyusun perangkat pembelajaran yang baik yaitu perangkat pembelajaran yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaransekaligus untuk memenuhi persyaratan administrasi guru. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran yang terdiri atas silabus RPP bahan ajar yang terdiri atas buku siswa dan buku panduan guru kelas 1 sub tema Pengalaman Masa Kecilku mengetahui ketepatan keterlaksanaan dan kemanfaatan perangkat pembelajaran pada sub tema Pengalaman Masa Kecilku di Sekolah Dasar Kelas 1. Model Pengembangan produk yang digunakan adalah model Borg Gall yang sudah disederhanakan menjadi 6 langkah meliputi tahap studi pendahuluan perencanaan desain produk validasi produk uji coba lapangan dan produk akhir. Pengembangan produk ini melalui uji validasi oleh ahli dan coba lapangan yang dilakukan pada guru dan siswa kelas I SD N Sangon Kokap Kulon Progo Tahun Pelajaran 2014/2015. Kelebihan produk yang dikembangkan guru lebih mudah menggunakan perangkat pembelajaran tersebut karena setiap kompetensi dasar sudah dipetakan untuk setiap pembelajaran. Selain itu perangkat pembelajaran yang dikembangkan bisa digunakan sebagai sarana mencapai tujuan pembelajaran sekaligus sebagai kelengkapan administrasi bagi guru. Kelemahan produk hanya terbatas pada sub tema Pengalaman Masa Kecilku . Hasil dari pengembangan produk dapat disimpulkan bahwa produk perangkat pembelajaran yang dikembangakan dapat dilakukan diseminasi lebih luas dengan menyesuaikan perangkat pembelajaran terhadap lingkungan dan karakteristik peserta didik. Saran bagi penelitian selanjutnya yakni (1) dapat dikembangkan lagi uji coba nya menggunkan desain eksperimen dengan kelas kontrol dengan menguji perbedaan mean baik pada skala terbatas maupun skala luas (2) memperbanyak latihan sola pada buku siswa melengkapi dengan kegiatan yang menantang untuk peserta didik kelas 1 sehingga pembelajaran benar-benar bermakna.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62835

Actions (login required)

View Item View Item