Penerapan problem based learning (PBL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis IPS peserta didik kelas V SDN Jageran Kabupaten Bantul Propinsi DIY / Ifa Fatani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan problem based learning (PBL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis IPS peserta didik kelas V SDN Jageran Kabupaten Bantul Propinsi DIY / Ifa Fatani

Fatani, Ifa (2015) Penerapan problem based learning (PBL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis IPS peserta didik kelas V SDN Jageran Kabupaten Bantul Propinsi DIY / Ifa Fatani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fatani Ifa. 2015. Penerapan Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis IPS Peserta didik Kelas V SDN Jageran Kabupaten Bantul Propinsi DIY. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Budi eko Soetjipto M.Ed. M.Si. (II) Dr. Ach. Amirudin M.Pd. Kata kunci Problem Based Learning (PBL) keterampilan berpikir kritis. Keterampilan berpikir kritis perlu dikembangkan supaya peserta didik dapat memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Peneliti berinsiatif untuk menerapkan Problem Based Learning (PBL) pada muatan IPS dengan tujuan penelitian untuk mendeskripsikan penerapan PBL dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis IPS peserta didik Kelas V SDN Jageran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas berkolaborasi dengan guru kelas. Dalam penelitian ini peneliti berperan membuat rancangan penelitian memantau mencatat mengumpulkan data menganalisis data hingga pelaporan hasil penelitian. Guru dalam penelitian ini adalah guru kelas V SDN Jageran. Peneliti dibantu oleh 2 orang observer dalam mengobservasi pembelajaran. Subjek penelitian dalam penelitian ini berjumlah 36 peserta didik yang terdiri atas kelas VA dan Kelas VB yang berada dalam satu ruang kelas. Cara pengumpulan data menggunakan observasi catatan lapangan tes dan angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian sebagai berikut (1) penerapan PBL meningkatkan keterampilan berpikir kritis IPS dan hasil belajar kognitif IPS (2) Faktor pendukung pelaksanaan PBL yaitu (a) sintaks pembelajarannya mudah dipahami guru dan peserta didik (b) lembar kerja yang didistribusikan kepada setiap peserta didik memaksimalkan proses pembelajaran (c) pengembangan permasalahan yang dimunculkan berupa permasalahan kontekstual sehingga mudah dipahami peserta didik dan lebih mudah dalam menemukan solusinya (d) pembagian kelompok dengan anggota kelompok berkemampuan berbeda meningkatkan intensitas tanya jawab dan saling melengkapi hasil diskusi. Faktor penghambatnya yaitu (a) waktu yang diperlukan untuk pelaksanaan pembelajaran menggunakan PBL cukup lama (b) terkadang peserta didik yang kurang aktif terlihat bosan (ada titik jenuh) (c) peserta didik kurang berani mengungkapkan pendapatnya secara lisan (d) soal pada lembar kerja dan tes keterampilan berpikir kritis cukup luas dan panjang. Saran yang diberikan yaitu (1) pengelolaan waktu antara diskusi dan presentasi perlu dimaksimalkan supaya tidak melebihi batas waktu pembelajaran (2) diperlukan dorongan dan motivasi dari guru untuk menghilangkan kejenuhan dan motivasi untuk berpendapat secara lisan (3) soal lembar kerja sebaiknya didistribusikan kepada setiap peserta didik (4) soal pada lembar kerja dan tes keterampilan berpikir kritis sebaiknya dibuat sesederhana mungkin sesuai dengan kemampuan peserta didik kelas V SD.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62834

Actions (login required)

View Item View Item