Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan mind map untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS kelas V SDN 013 Tanjungpinang Timur Kepulauan Riau / Syahrizal - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan mind map untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS kelas V SDN 013 Tanjungpinang Timur Kepulauan Riau / Syahrizal

Syahrizal (2015) Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan mind map untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS kelas V SDN 013 Tanjungpinang Timur Kepulauan Riau / Syahrizal. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Syahrizal.2015.Penerapan Model PembelajaranInkuiriTerbimbingBerbantuanMind MapuntukMeningkatkanAktivitasdan HasilBelajarIPS KelasV SDN013TanjungpinangTimur KepulauanRiau.Tesis.Program StudiPendidikanDasar. PascasarjanaUniversitasNegeri Malang.Pembimbing (I) Prof. Hj. UtamiWidiati M.A. Ph.D (II).Prof. Dr. Sumarmi M Pd. Kata kunci Model pembelajaran inkuiri terbimbing mind map aktivitas dan hasilbelajar BerdasarkanobservasiawalsiswakelasV SDN 013 Tanjungpinang Timur terungkap rendahnya partisipasisiswa dalam pembelajaran IPS terungkap kurangnya keinginan siswa menjawab pertanyaan guru kurangnya aktivitas siswa belajar kelompok dan presentasi kelas. Pelaksanaanpembelajaran jugadidominasioleh guru sehinggasiswajadi lebihpasifdalampembelajaran. Dari dokumentasi hasil belajarjuga terungkaphasilbelajarIPS yang rendah karena belum memenuhi KKM IPS yaitu 8805 70 di sekolah ini.Kurangnyaterlibatnya siswa dalam proses pembelajarandianggapsebagaisalahsatudampakrendahnyaaktivitasdanhasilbelajarIPS. Permasalahandapat diatasidenganmemberikankesempatankepadasiswauntuk mencari dan menemukan konsep-konsep IPS dalam proses pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan mind map. Tujuanpenelitianiniadalah mendeskripsikanpenerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan mind mapuntukmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarIPS kelasV SDN 013 Tanjungpinang Timur. Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas (PTK) yang meliputibeberapatahapanperencanaan pelaksanaantindakan observasidanrefleksi. Proses PTK dilaksanakandalamduasiklus yang masing-masingsiklusdilakukansebanyaktigapertemuan.Penelitianinidilaksanakan di SDN 013 Tanjungpinang Timur. Kota Tanjungpinang Kepulauan Riau dengansubyekpenelitian 30siswakelasVtahunpelajaran 2014-2015. Pengumpulan data diperolehdarirekappraktikpembelajaran observasi teshasilbelajar catatanlapangan danwawancara. Hasilpenelitianmenunjukanbahwapenerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan mind mapdapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarIPSsiswakelasV di SDN 013 Tanjungpinang Timur.Dari kriteria aktivitas penelitian baik jika 8805 75% siswa aktif dalam pembelajaran maka pada siklus I hanya 60 00% (18 siswa) memenuhi aktivitas belajar. Padasiklus II aktivitassiswameningkat mencapai 83 33% (25 siswa) dan memenuhi kriteria baik aktivitas penelitian. Sementarauntukhasilbelajarsiswadengan kriteria baik jika 8805 80%siswa tuntas. Maka padasiklus I menunjukanhanya 73 33% (22siswa) tuntasbelajar dan padasiklus II meningkatmenjadi83 33% (25siswa)tuntasbelajar. Berdasarkanhasilpenellitianini dapatdisimpulkanpeningkatanaktivitasdanhasilbelajarsiswaterjadikarenapenerapanmodel pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan min map dengan langkah (1) orientasi (2) merumuskan permasalahan (3) merumuskan hipotesis (4) mengumpulkan data (5) menguji hipotesis (6) merumuskan kesimpulan dengan mind map dan (7) mengkomunikasikan. Ketujuh langkah ini aplikasikan pada kegiatan pembelajaran Untuk menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan mind map guru disarankan merancang secara matang program pembelajaran dan aktivitas pembelajaran yang dapatmensinergikan kedua belah otak siswa dalam mencari dan menemukan konsep IPS dalam pembelajaran tidak membantu siswa berkelebihan dan mengurangi bantuan secara bertahap jika siswa mulai memahami proses pembelajaran dan mempersiapkan sumber belajar yang dapat digunakan siswa dalam proses mencari dan menemukan konsep IPS.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62831

Actions (login required)

View Item View Item