Peningkatan keterampilan menulis teks laporan dengan memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar pada siswa kelas II B SDN Madyopuro 05 Kota Malang / Diajeng Nurmala Cahyaningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis teks laporan dengan memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar pada siswa kelas II B SDN Madyopuro 05 Kota Malang / Diajeng Nurmala Cahyaningrum

Cahyaningrum, Diajeng Nurmala (2016) Peningkatan keterampilan menulis teks laporan dengan memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar pada siswa kelas II B SDN Madyopuro 05 Kota Malang / Diajeng Nurmala Cahyaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Cahyaningrum DiajengNurmala. 2016. PeningkatanKeterampilanMenulisTeksLaporandenganMemanfaatkanLingkunganSekolahsebagaiSumberBelajarpadaSiswaKelas II B SDN Madyopuro 05 Kota Malang.Skripsi Jurusan KSDP FakultasIlmuPendidikan UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Drs. AchmadTaufik M.Pd (II) Drs. AchmadBadawi S.Pd M.Pd. Kata Kunci keterampilanmenulis lingkungansekolah sumberbelajar tekslaporan. Salah satuketerampilanberbahasa yang diajarkan di SDN Madyopuro 05 Kota Malangyaituketerampilanmenulis.Pengajaranketerampilanmenulisbertujuanuntukmenumbuhkandanmengembangkanketerampilanmenulissiswadidalampembelajaran.Menulistekslaporanmerupakansalahsatukompetensidasar yang perludikuasai di kelas II.Berdasarkanobservasiawal ditemukanbeberapapermasalahanantaralainsistematikapenyusunantekslaporanbelumdiajarkandanminimnyakesadaranmenggunakanejaandantandabacasesuai EYD. Tujuanpenelitianiniuntukmendeskripsikanpenerapanpembelajaranmenulistekslaporandenganmemanfaatkanlingkungansekolahsebagaisumberbelajardanpeningkatanketerampilanmenulistekslaporandenganmemanfaatkanlingkungansekolahsebagaisumberbelajarpadasiswakelas II B SDN Madyopuro 05 Kota Malang. PenelitianinimenggunakanrancanganPenelitianTindakanKelas (PTK) yang dilakukandalam 2 siklus.Data yang diolahdandigunakanberupa data akktivitas guru aktivitassiswa danhasilmenulistekslaporansiswa.Instrumen yang digunakanyaitulembarobservasiaktivitas guru lembarobservasiaktivitassiswa danlembarpenilaianmenulis.Subjekpenelitianyaitusiswakelas II B SDN Madyopuro 05 Kota Malang sebanyak 34 siswa terdiriatas 17 siswalaki-lakidan 17 siswaperempuan. Teknikanalisis data yang digunakanberupatahapreduksi yaitumenyeleksi data sesuaidenganmasalah.Selanjutnyamelaluitahapmendeskripsikan data danmenarikkesimpulan.Setelahdilakukanpenarikankesimpulan tahapselanjutnyamelakukanevaluasigunamengukurkeberhasilanpembelajaran.Tahapterakhiryaiturefleksi bergunauntukmempertimbangkanhasil yang dilakukanselamatindakandilaksanakan. Kegiataninimelalui proses menulismulaidaritahappramenulis menulis merevisi mengedit danmempublikasi. Dari hasilanalisis data yang telahdilakukan nilairata-rata kelassebesar 57 5 meningkatpadasiklus I sebesar 67 79 dansiklus II sebesar 80 5. Ketuntasanklasikalpadapratindakansebesar 29 41 % menjadi 52 94% padasiklus I dan 82 35% padasiklus II. Berdasarkanhasilpenelitianinidapatdisimpulkanbahwalingkungansekolahdapatditerapkansebagaisumberbelajardalammeningkatkanketerampilanmenulis.Disarankankepada guru untukmengajarkansistematikapenulisanstrukturtekslaporan agar siswalebihmemahamipembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6283

Actions (login required)

View Item View Item