Pengaruh persepsi siswa tentang mata pelajaran IPS terhadap motivasi dan prestasi belajar IPS siswa kelas IX SMPN 1 Jonggol Kabupaten Bogor / Purnama Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi siswa tentang mata pelajaran IPS terhadap motivasi dan prestasi belajar IPS siswa kelas IX SMPN 1 Jonggol Kabupaten Bogor / Purnama Sari

Sari, Purnama (2015) Pengaruh persepsi siswa tentang mata pelajaran IPS terhadap motivasi dan prestasi belajar IPS siswa kelas IX SMPN 1 Jonggol Kabupaten Bogor / Purnama Sari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari Purnama. 2015. Pengaruh Persepsi Siswa tentang Mata Pelajaran IPS terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas IX SMPN 1 Jonggol Kabupaten Bogor. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sudarmiatin M. Si. (II) Dra. Hj. Siti Malikhah Towaf M.A Ph.D Kata kunci persepsi motivasi prestasi belajar mata pelajaran IPS Prestasi belajar IPS adalah hasil belajar yang dicapai oleh siswa ketika mengikuti atau mengerjakan tugas dan kegiatan pembelajaran di sekolah yang ditunjukan dengan nilai atau angka sesuai batas ketuntasan minimal yang telah ditetapkan oleh sekolah. Untuk meraih prestasi diperlukan motivasi belajar. Motivasi belajar siswa akan meningkat jika siswa memiliki pandangan atau persepsi yang positif tentang mata pelajaran termasuk mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung persepsi siswa tentang mata pelajaran IPS terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa SMPN 1 Jonggol.Target populasi atau subyek penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Jonggol sebanyak 354 siswa dan sampel yang digunakan sebanyak 188 siswa. Instrumen yang digunakan untuk data persepsi siswa tentang mata pelajaran IPS dan motivasi belajar berupa angket dan prestasi belajar menggunakan dokumen berupa nilai raport mata pelajaran IPS semester ganjil tahun pelajaran 2014/2015. Hasil uji validitas dan reliabilitas kepada 30 responden menunjukkan bahwa kedua angket tersebut valid dan reliabel. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan dengan analisis jalur (path analisys). Hasil uji persyaratan analisis data terdiri dari uji normalitas uji heterokedastisitas dan uji multikolinieritas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal tidak terjadi heterokedastisitas pada model regresi dan bebas multikolinieritas Hasil analisis data dengan analisis jalur sebagai berikut (1) persepsi siswa tentang mata pelajaran IPS mempunyai pengaruh langsung terhadap motivasi belajar IPS siswa (2) persepsi siswa tentang mata pelajaran IPS mempunyai pengaruh langsung terhadap prestasi belajar IPS siswa (3) motivasi belajar IPS mempunyai pengaruh langsung terhadap prestasi belajar IPS siswa (4) persepsi siswa tentang mata pelajaran IPS berpengaruh positif dan signifikan secara tidak langsung terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas IX SMP Negeri 1 Jonggol melalui motivasi kehadiran motivasi memperkuat persepsi siswa tentang mata pelajaran IPS terhadap prestasi belajar IPS karena pengaruh total persepsi siswa tentang mata pelajaran IPS terhadap prestasi belajar siswa lebih besar dari pengaruh langsung persepsi siswa tentang mata pelajaran IPS terhadap prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut terbukti bahwa persepsi siswa tentang mata pelajaran IPS yang positif dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa yang pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Oleh karena itu guru IPS disarankan untuk membangun persepsi yang positif kepada siswa dengan memberikan pengetahuan yang cukup agar siswa memahami bahwa pelajaran IPS sangat bermanfaat baik untuk saat ini maupun untuk masa yang akan datang sehingga siswa termotivasi dalam belajar IPS dan dengan motivasi tersebut siswa dapat meningkatkan prestasi belajar mereka.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62827

Actions (login required)

View Item View Item