Normalasari (2015) Persepsi siswa terhadap proses pembelajaran IPS berbantuan multimedia di kelas IV dan V SDN Banjarbaru Utara 2 / Normalasari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Normalasari. 2015. Persepsi Siswa Terhadap Proses Pembelajaran IPS Berbantuan Multimedia di Kelas IV dan V SDN Banjarbaru Utara 2. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Hj. Ruminiati M.Si. (2) Prof. Dr. H. Punaji Setyosari M.Pd M.Ed. Kata Kunci Persepsi siswa Proses Pembelajaran Multimedia Persepsimemilikiperananpentingdalamperkembanganberfikiranak karenaberhubungandenganpesanatauinformasikedalamotakmanusia melaluipersepsimanusiaterusmenerusmengadakanhubungandenganlingkungannya.Hubunganinidilakukanlewatinderanya yaituinderapenglihat pendengar peraba perasa danpencium.Menjagakesalahanpersepsidalam proses pembelajaranmakaperan media pendidikansangatlahpenting melalui media siswaakanmembangunpersepsi yang sama multimedia hadirdalamsistembelajarmengajaruntukmenyamakanpersepsidanmenjagaperhatiansiswasecaraterusmenerus sehinggapenggunaan multimedia yang dibuatterhindardarigodaan yang dapatmemperlemahperhatianterhadapinformasi yang di suguhkan. Penelitianberfokusuntukmengungkap (1) persepsisiswaterhadap proses pembelajaran (2) persepsisiswaterhadappenggunaan multimedia (3) persepsisiswadalaminteraksipembelajaran.Kegunaanpenelitianinisangatbergunasebagaipengembanganilmu di bidangpendidikandasar khususnyauntukmengungkappersepsisiswaterhadap proses pembelajaranberbantuan multimedia. Persepsisangatpentingdiketahuikarenadapatmenentukankualitaspembelajaran baikantaraguru siswa dansumberbelajar yang lain sehinggakeberhasilanpembelajarandapattercapaidenganbaik. Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatif yaitu data yang diperolehdinyatakandalamkeadaan yang sebenarnyaatausebagaimanaadanya tanpaadarekayasaataumanipulasi.Prosedurpengumpulan data dilakukandenganbeberapateknikyaitu (1) observasi penelitimengamatipenuhterkaitdengantindakpembelajaran guru yang mengarahpada proses pembelajaranberbantuan multimedia (2) wawancara memberikankepadasiswamengkonstruksipengalaman yang dimilikiselama proses pembelajaran (3) dokumentasi untukmengumpulkan data penelitianpenelitian yang berupadokumen yang adapadainforman. Hasilpenelitianiniadalah (1) persepsisiswaterhadap proses pembelajaransangatpositif merekamenyukaipembelajaran yang disampaikanguru termasukpembelajaranmenggunakan multimedia (2) persepsisiswaterhadappenggunaan multimedia terlihatefektif haliniterlihatdarikeantusiasansiswapadasaatpembelajaran danpenggunaan multimedia menjadikansiswamemahamiteknologi (3) persepsisiswadalaminteraksipembelajaran multimedia sangatbagusdansiswamelakukankegiatanpembelajaransecaraklasikal individu danberkelompok dengandemikian media berfungsiuntukmerangsangsiswaberaktivitas dan guru diharapkanmengembangkan media pembelajaran yang bervariasiuntukmemperbaikidanmeningkatkan proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Jul 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62825 |
Actions (login required)
View Item |