Penerapan model pembelajaran problem based learning dipadu dengan rally coach untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar muatan IPS (studi pada siswa kelas IV SDN Kebonagung 06 Kec. Pakisaji Kab. Malang Tahun Pelajaran 2014/2015) / Trias Indiantika - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran problem based learning dipadu dengan rally coach untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar muatan IPS (studi pada siswa kelas IV SDN Kebonagung 06 Kec. Pakisaji Kab. Malang Tahun Pelajaran 2014/2015) / Trias Indiantika

Indiantika, Trias (2015) Penerapan model pembelajaran problem based learning dipadu dengan rally coach untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar muatan IPS (studi pada siswa kelas IV SDN Kebonagung 06 Kec. Pakisaji Kab. Malang Tahun Pelajaran 2014/2015) / Trias Indiantika. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Indiantika Trias. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dipadu dengan Rally Coach untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Muatan IPSKelas IV SDN Kebonagung 06 Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar. Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing 1)Prof. Dr. Ruminiati M. Si 2) Prof. Utami Widiati M.A Ph.D Kata Kunci Probem Based Learning Rally Coach aktivitas belajar hasil belajar IPS SD. Berdasarkan hasil observasi pra tindakan pada tanggal 15 Oktober 2014 di SDN Kebonagung 06 Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang aktivitas dan hasil belajar siswa relatif rendah KKM yang di peroleh hanya mencapai 42 00. Hal tersebut berhubungan dengan cara pembelajaran yang digunakan guru masih bersifat konvensional hal tersebut menyebabkan siswa kurang aktif dalam mencari pengetahuannya sendiri siswa cenderung berbicara sendiri dan bermain lempar kertas bersama temannya pada saat guru menjelaskan materi sehingga siswa tidak dapat memahami materi yang telah disampaikan oleh guru. Hasil dari pra tidakan yang diberikan pada 30 siswa menunjukkan bahwa hanya ada 3 siswa (10%) yang mencapai KKM yang ditentukan 75 00. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaranProblem Based Learning dipadu dengan Rally Coach aktivitas dan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaranProblem Based Learning dipadu dengan Rally Coach. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) subjek dalam penelitian ini yaitu seorang guru kelas IV dan seluruh siswa kelas IV SDN Kebonagung 06 dengan prosedur (1) Perencanaan (2) Tindakan (3) Observasi dan Penilaian (4) Refleksi di setiap siklusnya. Pengumpulan data aktivitas siswa dilakukan dengan teknik observasi dan dokumentasi. Pengumpulan data hasil belajar siswa dilakukan dengan memberikan tes pada setiap akhir pertemuan. Analisis data aktivitas siswa dianalisis menggunakan lembar pengamatan siswa dan data hasil belajar siswa dianalisis menggunakan tes pada setiap akhir pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pembelajaran IPSTema Pahlawanku siswa kelas IV SDN Kebonagung 06 dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dipadu dengan Rally Coachdapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas belajar siswa kelas IV dalam belajar IPSTema Pahlwanku meningkat ketika diterapkan model pembelajaranProblem Based Learning dipadu dengan Rally Coach. Rata-rata aktivitas pada siklus I 70 80 dan rata-rata pada siklus II 90 31. Pada siklus I dan II rata-rata aktivitas siswa mengalami peningkatan 19 51. Hasil belajar siswa kelas IV dalam belajar IPSTema Pahlawanku meningkat setelah diterapkan model pembelajaranProblem Based Learning dipadu dengan Rally Coach. Rata-rata hasil belajar pada siklus I 74 83 dan pada siklus II 85 33. Pada siklus I dan II rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan 10 50. Ketuntasan siswa kelas IV pada siklus I 19 (63%) siswa dan jumlah siswa yang tidak tuntas belajar 11 (37%) siswa. Pada siklus II siswa yang tuntas 30 (100%) hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan 37%. Nilai ketuntasan yang diperoleh pada siklus II sudah melebihi dari nilai KKM yan ditentukan yaitu 75 maka dapat disimpulkan bahwa siswa kelas IV SDN Kebonagung 06 dalam belajar IPS Tema Pahawanku tuntas belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62824

Actions (login required)

View Item View Item