Pengembangan asesmen autentik pada siswa kelas IV SDN Ngijo 03 Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang / Falistya Roisatul Mar'atinN. - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan asesmen autentik pada siswa kelas IV SDN Ngijo 03 Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang / Falistya Roisatul Mar'atinN.

Nuro, Falistya Roisatul Mar'atin (2015) Pengembangan asesmen autentik pada siswa kelas IV SDN Ngijo 03 Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang / Falistya Roisatul Mar'atinN. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nuro FalistyaRoisatul M 2015. PengembanganAsesmenAutentikPadaKelas IV SDN Ngijo 03 KecamatanKarangplosoKabupaten Malang. Tesis JurusanPendidikanDasar Program PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. HeriSuwignyo M.Pd (II) Dr. TitikHarsiati M.Pd Kata Kunci asesmenautentik asesmenkinerja asesmenproyek sekolahdasar Pengembanganasesmenautentikdidasarkanpadapermasalahanpenilaian yang terjadi di kelas. Permasalah yang timbuladalahtidakadanyadeskriptorpenilaian yang jelassehinggaketikapenilaian guru terkadangbersifatsubjektif. Banyaknyasikap yang dinilaimembuat guru merasakurangbisamelakukanpenilaiansecaramaksimal. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah sebagai berikut. (1) menghasilkanperangkatasesmen autentik padakelas IV dan (2) melakukan uji kelayakanprodukmeliputitingkatvaliditas reliabilitasdankepraktisan.Spesifikasi produk yang diharapkan dalam penelitian pengembangan ini adalah asesmen autentik kelas IV SDN Ngijo 03 kab. Malang yang terdiridariinstrumenasesmenautentikdilengkapidenganpedomaninstrumenasesmenautentik. Model yang digunakandalampengembanganO Malley Pierce (1996 17-19) yaitu (1) menentukantujuandariasesmenautentik (2) spesifikasiproduk (3) melakukanpengembanganprofesionalpadaasesmenautentik (4) mengkajipenelitianterdahulumengenaiasesmenautentik (5) mengadaptasiasesmen yang adaataumengembangkan yang baru (6) mencobaasesmen (7) revisiasesmen. Hasilvalidasiolehahlievaluasiadalah 80% denganpencapaiansangat valid. Presentasehasilvalidasiolehahlimateri adalah75% denganpencapaiansangat valid. Presentasehasilvalidasiolehahlisikapadalah 97% denganpencapaiansangat valid. Ketigahasilvalidasiahlimenunjukkanbahwaketiganyamenunjukkanpencapaiansangat valid.Hasilreliabilitaspadasubtema 2 adalah 0.718. Hasilreliabilitassubtema 3 adalah 0.769. Hasilproyekkelasadalah 0.712.Hasil yang sudahdituliskan di atassemualebihbesardari r minimum. Dengandemikiandapatdiperolehkesimpulan instrument asesmenbersifatreliabel.Hasilpraktisan guru adalah 88 dengankategoritinggi sedangkanhasilkepraktisanpadasiswaadalah 90 dengankategoritinggi. Kekuataninstrumenasesmenautentik yang telahdikembangkanadalah(1) deskriptorpadarubriksikapdijabarkansecaraoperasional (2) asesmenautentikdikemasdenganbentukmenyenangkanmelaluikegiatanpermainanulartangga ceritabersambungdankomik(3) instrumenasesmendisertaibukupanduanuntuk guru bukupanduan guru dikemaspraktisdanmudahdigunakandenganukuran A5 (4) menggunakan media yang sederhana. Selainmemilikikelebihan instrumenasesmenautentikjugamemilikikelemahan. Kelemahandariasesmenautentikadalah proses pengkoreksianhasiljawabansiswamembutuhkanwaktu yang lama karenamembutuhkanketelitiandankegiatanpembelajaranmembutuhkanpengelolaanwaktu yang tepat agartercapainyapenilaian yang sesuaidenganrencana

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62823

Actions (login required)

View Item View Item