Penggunaan permainan tradisional bilu-bilu dan tolode untuk meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar IPS (studi pada siswa kelas IVb SDN No. 89 Sipatana Kota Gorontalo / Zefrin - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan permainan tradisional bilu-bilu dan tolode untuk meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar IPS (studi pada siswa kelas IVb SDN No. 89 Sipatana Kota Gorontalo / Zefrin

Zefrin (2015) Penggunaan permainan tradisional bilu-bilu dan tolode untuk meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar IPS (studi pada siswa kelas IVb SDN No. 89 Sipatana Kota Gorontalo / Zefrin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Zefrin 2015.PenggunaanPermainanTradisionalGorontaloBilu-biluludanTolodeuntukMeningkatkanKeterampilanSosialdanHasilBelajar IPS (StudipadasiswaKelasIVb SDN No 89 Sipatana Kota Gorontalo).Tesis. Program StudiPendidikanDasar. Pascasarjana.UniversitasNegeri Malang.Pembimbing 1) Prof. Dr. Hariyono M.Pd 2) Drs. I WayanDasna M.Si. M.Ed. Ph.D Kata Kunci PermainanTradisionalBilu-biluludanTolode KeterampilanSosial HasilBelajar IPS. Berdasarkanhasilwawancaradanobservasipendahuluan dikelas IV SDN No. 89 Sipatana Kota Gorontalo terdapatpermasalahandalampembelajaran IPS yaitu 1) keaktifansiswapada proses pembelajaranmasihrendah 2) partisipasisiswapadapembelajarankelompoksangatkurang 3) komunikasiantartemantidakberjalanefektif 4) siswa yang mempunyaikemampuanlebihtinggibertindaksebagaipekerjadanpemikirsertacenderungmendominasi proses pembelajaran 5) sebagiansiswacenderungtakutdalammenyampaikan ide danhasilkerjanya 6) hasilbelajarsiswamasihrendahdanbelummemenuhi KKM yang telahditetapkanolehsekolah 7) kerjasamadalamkelompoktidakberjalanefektifdan 8) siswamerasajenuhdalammengikutipembelajaran. salahsatuupaya yang dilakukanuntukmengatasipermasalahantersebutadalahdenganmenggunakanpermainantradisionalBilu-biluludanTolodedalampembelajaran. Melaluipermainantradisionalmemberikankesempatankepadasiswauntukmeningkatkanpengetahuandanketerampilansosialmembantukesulitan orang lain berbagiilmupengetahuandengan orang lain memberikanrespontentangtindakan orang lain menyampaikanpertanyaan/ jawaban mengkomunikasiinformasidenganbaik salingmembantuuntukmenyelesaikantugas menunjukkanperhatiankepada orang lain peduliakanpermasalahanoanglain menahandiridalammengungkapkanpendapatsecarabergantian memperhatikan saran danjawabandari orang lain.Penelitianinibertujuanuntuk 1) mendeskripsikanlangkah-langkahpermainantradisionalBilu-biluludanTolode 2) menganalisispeningkatanketerampilansosialsiswamelaluipermainantradisionalBilu-biluludanTolodedan 3) mengukurpeningkatanhasilbelajar IPS siswamelaluipermainantradisionalBilu-biluludanTolode. Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiantindakankelas (PTK) dengansubjekpenelitiansiswakelas IV SDN No. 89 Sipatana Kota Gorontalo yang berjumlah 28 siswa.Penelitisebagaiinstumenkunci yang dalamhalinisebagaipemberitindakanatau guru model yang dibantuolehdua orang observer.Instrumenpengumpulan data meliputilembarobservasikegiatan guru dansiswa lembarobservasiketerampilansosialsiswapadakelompok soaltes wawancara dandokumentasi.Analisis data menggunakananalisiskualitatifdenganlangkah-langkahyaitu reduksi data penyajian data danpenarikankesimpulan. Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwa 1) penggunaanpermainantradisionalBilu-biluludanTolode dikelasIVb SDN No.89 Sipatana Kota Gorontalo terlaksanadengansangatbaik 2) penggunaanpermainantradisionalBilu-biluludanTolodedapatmeningkatkanketerampilansosialsiswa yang ditunjukkanolehhasilobservasidanangketpadasiklus I mencapainilai rata-rata 75 7dengankriteriabaikdansiklus II mencapai 92 5 dengankriteriasangatbaikuntukobservasinya. Sedangkanangketketerampilansosialpadasiklus I mencapaipersentase 71 4% dansiklus II mencapai 85 7% dan 3)penggunaanpermainantradisionalBilu-biluludanTolodedapatmeningkatkanhasilbelajar IPS siswa halinidibuktikandenganpeningkatannilaihasilbelajardaripratindakan siklus I dansiklus II. Padapratindakanmencapai 57 1% siklus I mencapai 75% dansilkus II mencapai 89%. Dari penelitianini makahal-haldapatdisarankanantara lain 1) agar penggunananBilu-biluludanTolodedalampembelajaran IPS dapatdigunakansecaramaksimal makadisarankankepada guru yang lain untuk a) selalumemotivasisiswauntukterusbekerjasama berdiskusi salingmembantuterhadaptemannya b) menjelaskanaturanpermainandengantepatdanbenar c) memberikanreward sebagaipenguatanterhadapsiswa agar lebihtermotivasidalampembelajaran d) mencipatakansuasanabermain yang gembira senangnamunbisaterkendali e) menyiapkanperlengkapanpermainansebelummelakukankegiatanpembelajaran 2) dalammelestarikanbudayalokal makapemerintahdaerahdapatmengakomodirpermainantradisionalBilu-biluludanTolodedalam proses pembelajaran IPS di SD 3) perludilakukanpenelitianlanjutandenganpengunaanpermainantradisionalpadapokokbahasanataukompetensidasar yang berbedadanjenjangpendidikan yang berbeda pula.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62822

Actions (login required)

View Item View Item