Pembelajaran matematika realistik untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar materi luas bangun datar siswa kelas VI SD / Wiwin Sudarmawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran matematika realistik untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar materi luas bangun datar siswa kelas VI SD / Wiwin Sudarmawan

Sudarmawan, Wiwin (2015) Pembelajaran matematika realistik untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar materi luas bangun datar siswa kelas VI SD / Wiwin Sudarmawan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sudarmawan Wiwin. 2015. Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Luas Bangun Datar Siswa SD Kelas VI. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Edy Bambang Irawan M.Pd. (II) Dr. M. Ramli M.A. Kata kunci pembelajaran matematika realistik aktivitas hasil belajar Hasil belajar matematika materi luas bangun datar siswa kelas VI SD Negeri Jetak Sentolo Kulon Progo Tahun ajaran 2014/2015 masih rendah. Berdasarkan hasil observasi guru saat pembelajaran masih menggunakan metode konvensional dan tidak melibatkan aktivitas siswa. Pembelajaran konvensional mentransfer pengetahuan dengan berlatih dan mencatat. Pembelajaran yang dilakukan belum berpusat pada siswa dan tidak mengaitkan dengan dunia nyata sebagai landasan berpikir anak SD. Pembelajaran merupakan salah satu aktivitas manusia agar efektif diperlukan pembelajaran yang variatif. Pembelajaran Matematika Realistik dapat dijadikan alternatif untuk membelajarkan matematika agar masalah lebih nyata dan persoalan mudah diselesaikan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Untuk mengetahui hasilnya peneliti melakukan pengamatan aktivitas pembelajaran pada guru dan siswa selain itu dilakukan tes pada akhir siklus. Pembelajaran Matematika Realistik pada penelitian ini menggunakan3 langkah Pertama Kegiatan Awal yaitu pembukaan Kedua Kegiatan Inti yang berisi langkah-langkah pembelajaran matematika realistik (1) memahami masalah kontekstual (2) menyelesaikan masalah kontekstual (3) membandingkan dan mendiskusikan jawaban dan(4) menyimpulkan.Ketiga Penutup dengan pesan anak rajin belajar agar nilainya meningkat. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan sejak bulan Oktober 2014 sampai bulan Maret 2015 di SD Negeri Jetak Sentolo Kulon Progo. PTK ini dilaksanakan dua siklus menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi tahap perencanaan pelaksanaan tindakan observasi/evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan Aktivitas Belajar siswa dari siklus I sebesar 75% menjadi 78 1% pada siklus II. Aktivitas pembelajaran yang dilakukan guru juga mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 92% menjadi 94 2%. Hasil penelitian Hasil Belajar terjadi peningkatan dari siklus I nilai rata-rata 69 4 dengan ketuntasan belajar 53% menjadi 80 8 ketuntasan belajar 82 5% pada siklus II. Ketertarikan siswa dilihat dari hasil angket siswa merasa senang . Hasil catatan lapangan pada aktivitas guru dan siswa menunjukkan pembelajaran ini melakukan sintak pembelajaran matematika realistik. Hasil wawancara menunjukkan bahwa siswa menyenangi pembelajaran ini. Kesimpulan penelitian ini adalah Pembelajaran Matematika Realistik dapat Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Luas Bangun Datar Siswa SD Kelas VI. Saran yang dapat penulis sampaikan kepada Kepala Sekolah dan guru agar mendesain pembelajaran matematika realistik lebih inovatif dan mudah memahamkan anak.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62819

Actions (login required)

View Item View Item