Wijianto, Heru (2015) Penerapan group investigation untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS (studi pada siswa kelas V SDN Karanglo II Grati Pasuruan) / Heru Wijianto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Wijianto Heru. 2015. Penerapan Group Investigation Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS (Studi pada Siswa Kelas V SDN Karanglo II Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan).Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto M.Ed. M.Si. (II) Prof. Hj. Utami Widiati M.A. Ph.D Kata Kunci Group investigation aktivitas hasil belajar Berdasarkan hasil observasi awal pada siswa kelas V SDN Karanglo II ditemukan pembelajaran yang dilakukan guru masih menggunakan pembelajaran yang bersifat konvensional (teacher centered) sehingga siswa beranggapan bahwa pelajaran IPS membosankan materi terlalu luas kurang kerja kelompok kurang berminat malas mengerjakan tugas dari guru. Hal ini dapat dilihat dari rendahnya hasil belajar siswa. Pembelajaran masih konvensional kurang adanya belajar kelompok berdampak juga pada aktivitas belajar siswa. Permasalahan itu dapat diatasi dengan penerapan group investigation dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan penerapan group investigation untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas V SDN Karanglo II. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi beberapa tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Proses penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus dilakukan sebanyak tiga pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Karanglo II Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan dengan subyek penelitian 21 siswa kelas V tahun pelajaran 2014/2015.Hasil penelitian group investigation menunjukan bahwa penerapan group investigation untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Karanglo II. Hasil analisis data dan refleksi menunjukkan pada akhir tindakan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Peningkatan tersebut ditujukkan kenaikan aktivitas yaitu 81% pada siklus 1 dan 86 67% pada siklus II peningkatan tersebut juga ditunjukkan dengan rata-rata nilai 75 65 pada siklus 1 dan 78.52 rata-rata nilai pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa terjadi karena penerapan model group investigation dengan tahapan (1) mengidentifikasi topik dan membentuk beberapa kelompok (2) merencanakan tugas yang akan dipelajari (3) melaksanakan investigasi (4) menyiapkan laporan akhir (5) mempresentasikan laporan akhir (6) evaluasi. Penerapan group investigation peneliti menyarankan (1) Guru menerapkan pembelajaran harus sesuai sintak group investigation dan mengoptimalkan agar pembelajaran berpusat pada siswa (student centered) (2) Guru hendaknya mengatur waktu dengan baik agar siswa tepat waktu dalam pembelajaran (3) Guru harus aktif dalam membimbing siswa sehingga siswa memiliki keyakinan dalam menyampaikan pendapat atau menjawab pertanyaan (4) Siswa mempresentasikan hasil investigasi bersama kelompok agar tumbuh kepercayaan diri aktivitas yang sama dan rasa kebersamaan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62818 |
Actions (login required)
View Item |