Ruslin (2015) Penerapan pembelajaran pohon matematika untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri Purwantoro 6 Malang / Ruslin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ruslin. 2015. Penerapan Pembelajaran Pohon Matematika untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SD Negeri Purwantoro 6 Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Subanji S.Pd. M.Si. (II) Dr. Edy Bambang Irawan M.Pd. Kata Kunci Pembelajaran Pohon Matematika Kreativitas Hasil Belajar. Berdasarkan pengamatan pembelajaran kelas V SD Negeri Purwantoro 6 Malang yang dilaksanakan tanggal 22 dan 23 September 2014 siswa hanya mengerjakan soal tanpa diberi peluang untuk memberikan alternatif jawaban lain. Dalam pembelajaran tersebut seharusnya siswa diberi kesempatan untuk memberikan alternatif jawaban lain dan mengajukan pertanyaannya sendiri. Hal tersebut menyebabkan hasil belajar matematika siswa sulit mencapai KKM. Permasalahan ini diatasi dengan memberikan kesempatan siswa untuk menyelesaikan masalah open ended dan membangun masalah (problem posing) melalui penerapan pembelajaran Pohon Matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran Pohon Matematika yang dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri Purwantoro 6 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain yang mengacu pada model Kemmis McTaggart yang meliputi perencanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Proses PTK dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I dilakukan dalam empat pertemuan dan Siklus II dalam tiga pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Purwantoro 6 Malang dengan subjek penelitian 40 siswa kelas V tahun pelajaran 2014/2015. Pengumpulan data diperoleh dari observasi video pembelajaran tes kreativitas tes hasil belajar dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kreativitas dan hasil belajar terjadi karena penerapan pembelajaran Pohon Matematika dengan tahapan (1) menyajikan materi (2) memberikan masalah dan menyelesaikan bersama (3) memberikan media pohon matematika (4) menentukan penyelesaian masalah open ended dan membangun masalah (problem posing) dalam pohon matematika (5) mengoreksi dan menilai masalah atau jawaban yang disusun dan (6) mendiskusikan masalah yang sulit. Peningkatan kreativitas dan hasil belajar diukur melalui hasil tes kreativitas dan tes hasil belajar pada akhir siklus. Kreativitas siswa meningkat sebesar 19 85%. Pada siklus I persentase kreativitas klasikal siswa sebesar 59 89% (kriteria cukup kreatif) sedangkan pada siklus II mencapai 79 06% (kriteria kreatif). Hasil belajar siswa meningkat sebesar 24 50%. Pada siklus I nilai rata-rata kelas 75 67 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 65 5% sedangkan pada siklus II nilai rata-rata kelas sebesar 88 77 dengan ketuntasan klasikal sebesar 90%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62817 |
Actions (login required)
View Item |