Pengembangan multimedia pembelajaran IPS tema pahlawanku untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar (studi pada siswa kelas IV SD Kedungpring Bantul Yogyakarta) / Ahmad Kurniawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia pembelajaran IPS tema pahlawanku untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar (studi pada siswa kelas IV SD Kedungpring Bantul Yogyakarta) / Ahmad Kurniawan

Kurniawan, Ahmad (2015) Pengembangan multimedia pembelajaran IPS tema pahlawanku untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar (studi pada siswa kelas IV SD Kedungpring Bantul Yogyakarta) / Ahmad Kurniawan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kurniawan Ahmad. 2015. Pengembangan Multimedia Pembelajaran IPS Tema Pahlawanku untuk Siswa Kelas IV SD. Tesis. Jurusan Pendidikan Dasar Program Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Punaji Setyosari M. Pd. M. Ed. (II) Prof. Dr. H. Budi Eko Soetjipto M. Ed. M. Si. Kata kunci pengembangan multimedia tema pahlawanku. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Sekolah Dasar adalah salah satu muatan pembelajaran yang menggabungkan beberapa disiplin ilmu seperti Sejarah Ekonomi dan Geografi. Berdasarkan analisis kebutuhan di kelas IV SD Kedungpring saat pembelajaran IPS guru masih menggunakan buku teks sebagai pedoman dan menggunakan gambar diam sebagai media. Materi IPS disampaikan secara sekilas siswa kurang memahami materi dan banyak yang asyik berbicara dengan temannya. Cakupan materi IPS (Sejarah) membutuhkan visualisasi karena siswa tidak mengalami sendiri kejadian tersebut. Hasil analisis buku guru dan buku siswa pada tema Pahlawanku terlalu banyak teks.Sarana yang dimiliki SD Kedungpring cukup lengkap yaitu mempunyai laboratorium komputer. Berdasarkan permasalahan dan potensi yang telah disebutkan sebelumnya maka diperlukan multimedia pembelajaran IPS Tema Pahlawanku yang dapat menyajikan materi IPS khususnya tentang pahlawan. Tujuan Pengembangan adalah menghasilkan multimedia pembelajaran IPS Tema Pahlawanku untuk Kelas IV yang layak digunakan dan efektif.Dengan adanya multimedia ini diharapkan agar siswa dapat memahami materi pembelajaran IPS dengan lebih baik. Model pengembangan yang digunakan merujuk pada Model Lee Owens (2004).Langkah-langkahnya dimulai dari analisis kebutuhan desain pengembangan implementasi dan evaluasi. Data yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah hasil validasi ahli dan uji coba pengguna. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes hasil belajar. Hasil pengembangan multimedia ini masuk dalam kategori sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Hal ini berdasarkan pada hasil validasi ahli bahwa (1)hasil dari validasi ahli materi sebesar 83% (2)hasil validasi ahli desain media sebesar 96%. Data yang dikumpulkan dari uji coba kepada siswa menunjukkan bahwa (1)hasil uji coba perorangan sebesar 94 67% (2)hasil uji coba kelompok kecil sebesar 89 80 dan (3)hasil uji coba lapangan sebesar 92 29%. Selain itu multimedia yang dikembangkan juga sangat efektif digunakan dalam pembelajaran. Hal tersebut berdasarkan dari hasil belajar memperoleh hasil 83 87%. Validasi oleh guru juga mendapatkan kriteria yang sangat layak dengan hasil sebesar 90%. Saran pemanfaatan yaitu multimedia ini dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran untuk mengatasi permasalahan di atas. Multimedia ini dapat mengatasi siswa yang kurang tertarik pembelajaran IPS kurang memahami materi IPS dan keaktifan siswa. Multimedia ini sebaiknya digunakan tidak hanya pada satu sekolah saja tetapi bisa SD yang lain dengan memperhatikan kebutuhan sekolah. Multimedia ini juga dapat dikembangkan dengan materi yang lainnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62814

Actions (login required)

View Item View Item