Implementasi model pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas V sekolah dasar / Arif Rakhman - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi model pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas V sekolah dasar / Arif Rakhman

Rakhman, Arif (2015) Implementasi model pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas V sekolah dasar / Arif Rakhman. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rakhman Arif. 2015. Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di Kelas V Sekolah Dasar. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd. (2) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd. Kata Kunci Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Pendekatan Saintifik Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar. Berdasarkan hasil observasi awal pada Pembelajaran IPS di Kelas V SDN Bandar 03 Kecamatan Bandar Kabupaten Batang dapat disimpulkan bahwa tingkat aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah. Aktivitas belajar hanya seputar mendengarkan dan menulis saja. Akibatnya siswa menjadi bosan dan tidak antusias terhadap mata pelajaran IPS. Hasil belajar juga belum optimal hal ini dapat dilihat dari perolehan rata-rata kelas yang hanya sebesar 60. Selain itu siswa juga mengalami kesulitan ketika bekerja secara kelompok dan menyampaikan pendapat di depan teman-temannya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa. Aktivitas siswa dalam penelitian ini meliputi visual activities oral activities listening activities writing activities drawing activities dan motor activities. Hasil belajar siswa meliputi aspek pemahaman materi yang diukur menggunakan tes tertulis dan nilai proyek yang meliputi aspek perencanaan pelaksanaan produk dan presentasi produk yang diukur dengan rubrik penilaian. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis dan Mc. Taggart (1992) dengan dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap perencanaan tindakan observasi dan refleksi. Penelitian dilakukan melalui dua siklus masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan tatap muka dan 1 kali pertemua untuk tes. Data dikumpulkan dengan teknik observasi dokumentasi tes rubrik penilaian dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan melalui empat tahapan yaitu pengumpulan data validasi data interpretasi data dan tindakan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran berbasis proyek dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan yang direncanakan dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (2) aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus 1 mencapai 80 83% dan pada siklus 2 mencapai 100% (3) hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus 1 nilai rata-rata tes tertulis menvapai 73 23dengan ketuntasan klasikal 71%dan rata-rata nilai proyek mencapai 77 90 dengan ketuntasan klasikal sebesar 71% sedangkan pada siklus 2 rata-rata perolehan nilai tes siswa mencapai 80 00 dengan ketuntasan klasikal mencapai 100% dan rata-rata nilai proyek mencapai 86 11 dengan ketuntasan klasikal mencapai 100%. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru sekolah dasar untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam menggunakan pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan saintifik sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.Pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan saintifik ini juga disarankan untuk dapat diimplementasikan pada materi mata pelajaran IPS yang lain serta dalam artian luas Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Pendekatan Saintifik ini dapat diimplementasikan pada mata pelajaran lainnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62810

Actions (login required)

View Item View Item