Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dipadu dengan Index Card Match (ICM) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS (studi pada siswa kelas IV SDN Ngraket Kec. Balong Kab. Ponorogo) / Sigid Nurwijaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dipadu dengan Index Card Match (ICM) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS (studi pada siswa kelas IV SDN Ngraket Kec. Balong Kab. Ponorogo) / Sigid Nurwijaya

Nurwijaya, Sigid (2015) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dipadu dengan Index Card Match (ICM) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS (studi pada siswa kelas IV SDN Ngraket Kec. Balong Kab. Ponorogo) / Sigid Nurwijaya. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurwijaya Sigid. 2015. PenerapanPembelajaranKooperatifTipe Numbered Head Together (NHT) Dipadudengan Index Card Match (ICM) untukMeningkatkanAktivitasdanHasilBelajar IPS (StudiPadaSiswaKelas IV SDN NgraketKec. BalongKab. Ponorogo). Tesis Program StudiPendidikanDasar PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Nyoman S. Degeng (II) Dr. AchmadAmirudin M.Pd Kata Kunci Numbered Head Together Index Card Match Aktivitas HasilBelajar IPS StuditentangpenerapanpembelajarankooperatiftipeNumbered Head Together (NHT) danpengaruhnyaterhadapaktivitasdanhasilbelajarsudahseringdilakukan. Namun penerapan NHT dipadudenganIndex Card Match (ICM) masihsangatsedikitdilakukan. Kondisi di lapanganmenunjukkanbahwatindakan guru dalampembelajaran terutamamuatan IPS belummampumeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswa. Temuanpenelitianterdahulumenunjukkanbahwapenerapanpembelajarankooperatif NHT mampumeningkatkanaktivitasdanhasilbelajar sepertipenelitian yang dilakukanolehHidayati (2013) Mete (2014) danPendri (2014). Penelitianinibertujuanuntuk (1) mengetahuipenerapan NHTberdipadudengan ICM (2) mengetahuiaktivitasdanketuntasanhasilbelajar IPS melaluipenerapan NHTdipadudengan ICMpadamuatan IPS siswakelas IV. PenelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganrancanganPenelitianTindakanKelas (PTK) model Kemmisdan Mc. Taggart denganduasiklus yang setiapsiklusnyaterdiridari 4 tahap perencanaan tindakan observasi danrefleksi. Kedudukanpenelitidalampenelitianinisebagaiperencana pelaksanatindakan pengumpul data penganalisis penafsir data danpelaporhasilpenelitian. Kancahdansubjekpenelitianadalahsiswakelas IV SDN NgraketKecamatanBalongKabupatenPonorogo sebanyak 20 siswa terdiri 11 siswalaki-lakidan 9 siswaperempuan. Penelitiandilakukanmelaluiduasiklus masing-masingsiklusterdiridari 3 kali pertemuantatapmukadan 1 kali pertemuanuntuktes. Data dikumpulkandenganteknikobservasi dokumentasi tes dancatatanlapangan. Analisis data dilakukanmelaluitigatahapan yaitu reduksi data paparan data danpenyimpulanhasilanalisis. Temuanpenelitianmenunjukkanbahwa (1) penerapanpembelajaran NHT dipadu ICM telahterlaksanadengansangatbaik guru dansiswamelaksanakan proses pembelajaransesuai RPP yang dibuktikandenganlembarobservasiketerlaksanaanpembelajaranoleh guru dansiswa yang menunjukkankategorisangatbaik. Guru melakukanperbaikandalamsistempembelajaran memperbaikisituasikelasdanmeningkatkanpengelolaankelas. (2) setelahpenerapanpembelajaran NHT dipadu ICM aktivitasbelajarsiswamengalamipeningkatansebesar 18 91% yaitudari 61 17% padasiklus I menjadi 80 08% padasiklus II dengankategorisangataktif. (3) penerapanpembelajaran NHT dipadu ICM mampumeningkatkanhasilbelajarsiswa terbuktipadasiklus I rata-rata hasilbelajarsiswa 68 90 denganketuntasanklasikal 71 70% danpadasiklus II rata-rata hasilbelajarsiswa 76 90 denganketuntasanklasikal 92 46%. Berdasarkantemuanpenelitian makadisarankankepada guru untukmenggunakanpembelajaran NHT dipadu ICM sebagaisalahsatualternatifdalammeningkatkankualitaspembelajaran. Guru harusmembangunhubungan yang baikdengansiswa sehinggasiswaakanmenganggap guru sebagaitemanmereka namundengantetapmenghormatiperansebagai guru. Selainitu guru harusmemotivasisiswa agar lebihberanimenyampaikan ide pikiranataupendapatmerekadalamkegiatanpembelajaran. Bagipenelitiselanjutnyasupayamelakukaninovasidalammemadukan model/metodepembelajarandandapatmenerapkanpembelajaran yang relevansesuaidengankondisi latarbelakang dankaraktersiswa. 8195

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62809

Actions (login required)

View Item View Item