Pengembangan multimedia pembelajaran berbasis budaya lokal pada tema tempat tinggalku untuk siswa kelas IV sekolah dasar / Vivi Nur Maulidia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia pembelajaran berbasis budaya lokal pada tema tempat tinggalku untuk siswa kelas IV sekolah dasar / Vivi Nur Maulidia

Maulidia, Vivi Nur (2015) Pengembangan multimedia pembelajaran berbasis budaya lokal pada tema tempat tinggalku untuk siswa kelas IV sekolah dasar / Vivi Nur Maulidia. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Maulidia Vivi Nur. 2015. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Budaya Lokal Pada Tema Tempat Tinggalku Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Tesis Prodi Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd. (II) Dr. Munzil M.Si. Kata kunci Multimedia Budaya Lokal ADDIE Model. Proses pembelajaran yang berjalan selama ini belum tampak mengakomodasi muatan yang mendekatkan siswa dengan lingkungan di sekitarnya seperti budaya lokal yang menjadi keunggulan daerahnya sehingga pembelajarannya terkesan hanya mengutamakan pengetahuan umum dan menjauhkan siswa dari budaya aslinya. Pembelajaran di SD yang berbasis budaya dapat dirancang dari pengalaman awal budaya siswa yang kemudian dikembangkan pada sebuah proses pembelajaran dengan mengintegrasikan beberapa materi yang terkait di dalamnya. Pendekatan pembelajaran seperti ini diharapkan dapat menjembatani siswa dalam menguasai materi pelajaran sebagai upaya meningkatkan apresiasinya terhadap budaya lokal. Selain itu melalui pembelajaran yang berbasis budaya ini diharapkan akan lebih mendekatkan siswa dengan budaya tempat tinggal mereka sehingga akan menumbuhkan rasa bangga bahkan semangat untuk senantiasa melestarikan budaya tersebut. Pengembangan yang diterapkan menggunakan model ADDIE . Model ini terdiri dari lima tahap pengembangan yaitu Analysis Design Development Implementation and Evaluations. Untuk mengetahui kelayakan produk yang dikembangkan maka dilakukan validasi multimedia dan uji coba. Validasi yang dilakukan yakni validasi media validasi materi dan validasi praktisi. Uji coba dilakukan dalam dua tahap yakni uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Data yang dikumpulkan berupa data kuantitatif dan kualitatif melalui instrumen angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknis analisis rata-rata. Data kuantitatif diperoleh melalui angket checklist sesuai kriteria validitas sedangkan data kualitatif diperoleh melalui kolom komentar dan saran. Multimedia pembelajaran yang dikembangkan memiliki karakteristik antara lain (1) terdapat animasi video audio gambar dan tulisan dalam satu kesatuan yang dapat memperjelas konsep yang bersifat abstrak (2) bersifat interaktif dan (3) terdapat evaluasi sebagai balikan setelah mempelajari multimedia pembelajaran. Hasil rata-rata validasi media dan materi berturut-turut sebesar 93% dan 96% sedangkan hasil rata-rata uji coba lapangan sebesar 90%. Berdasarkan hasil validasi dan uji lapangan menunjukkan multimedia yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dan layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62808

Actions (login required)

View Item View Item