Penerapan pembelajaran kooperatif tipe find someone who dan flashcard game untuk meningkatkan motivasi belajar IPS siswa kelas V / Binti Nurhaniyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif tipe find someone who dan flashcard game untuk meningkatkan motivasi belajar IPS siswa kelas V / Binti Nurhaniyah

Nurhaniyah, Binti (2015) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe find someone who dan flashcard game untuk meningkatkan motivasi belajar IPS siswa kelas V / Binti Nurhaniyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurhaniyah Binti. 2015. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Find Someone Who dan Flashcard Game Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Siswa Kelas V. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Budi Eko Soetjipto M.Ed. M.Si. (II) Prof. Dr. Fattah Hanurawan M.Ed. M.Si. Kata kunci pembelajaran kooperatif find someone who dan flashcard game motivasi belajar. Penelitian ini dilaksanakan untuk meneliti penerapan pembelajaran kooperatif tipe find someone who dan flashcard game untuk meningkatkan motivasi belajar IPS siswa kelas V. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) Respon siswa terhadap penerapan pembelajaran kooperatif tipe find someone who dan flashcard game. (2) penerapan pembelajaran kooperatif tipe find someone who dan flashcard game dapat meningkatkan motivasi belajar IPS siswa kelas V di SDN Klanderan Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri Propinsi Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan CAR (Classroom Action Research). Kehadiran peneliti sebagai instrumen kunci pemberi tindakan pewawancara dan pelapor hasil penelitian. Pengumpulan data dilakukan peneliti dengan menggunakan lembar observasi angket dan wawancara respon siswa terhadap keterlaksanaan find someone who dan flashcard game. Lembar observasi angket dan wawancara juga digunakan untuk meneliti motivasi belajar IPS siswa. Data penelitian dianalisis dengan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian secara umum diperoleh kesimpulan bahwa (1) Tanggapan siswa positif terhadap penerapan pembelajaran kooperatif tipe find someone who dan flashcard game. (2) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe find someone who dan flashcard game dapat meningkatkan motivasi belajar IPS siswa kelas V. Pelaksanaan penerapan pembelajaran kooperatif tipe find someone who dan flashcard game untuk meningkatkan motivasi belajar IPS siswa kelas V dilakukan dengan langkah-langkah pembelajaran sebagai berikut (1) merancang RPP sesuai dengan sintak find someone who dan flashcard game (2) menyediakan kartu-kartu soal (3) membentuk kelompok (4) melaksanakan pembelajaran dengan sintak find someone who yang berupa mencari teman yang membantu menjawab mengangkat tangan menjawab dengan suara jelas dan membandingkan jawaban (5) melaksanakan pembelajaran dengan sintak flashcard game yang berupa permainan kartu secara dalam tiga putaran dengan sinyal jawaban penuh sedikit sinyal jawaban dan tanpa sinyal jawaban pada putaran terakhir. Tanggapan positif siswa terhadap penerapan pembelajaran kooperatif tipe find someone who dan flashcard game dalam muatan IPS ditandai dengan rasa senang dan semangat berpikir. Peningkatan motivasi belajar IPS siswa kelas V di SDN Klanderan ditandai dengan tercapainya rata-rata kriteria keberhasilan motivasi belajar yang mencakup aspek (1) harapan keberhasilan (2) ketekunan dan usaha dalam belajar (3) kesanggupan menghadapi dan mengatasi kegagalan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62807

Actions (login required)

View Item View Item