Pengembangan buku ajar siswa berbasis meaningful learning pada materi bangun datar kelas III sekolah dasar / Reni Resiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku ajar siswa berbasis meaningful learning pada materi bangun datar kelas III sekolah dasar / Reni Resiana

Resiana, Reni (2015) Pengembangan buku ajar siswa berbasis meaningful learning pada materi bangun datar kelas III sekolah dasar / Reni Resiana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Resiana Reni. 2015. Pengembangan Buku Ajar Siswa Berbasis Meaningful Learning Pada Materi Bangun Datar Kelas III Sekolah Dasar. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. H. Akbar Sutawidjaja M.Ed Ph.D. (2) Dr. Edy Bambang Irawan M.Pd. Kata Kunci Pengembangan buku ajar siswa meaningful learning bangun datar kelas III SD. Geometri memiliki peranan penting dalam perkembangan berpikir siswa karena berhubungan dengan ruang dan konstruksi serta terkait dengan dunia nyata. Namun kenyataan menunjukkan bahwa siswa kelas III SDN Glundengan 03 Wuluhan Kabupaten Jember kurang berminat dan kesulitan dalam mengikuti pembelajaran geometri. Hal tersebut dikarenakan bahan ajar yang digunakan selama ini berupa buku pelajaran matematika dan LKS yang jumlahnya terbatas dan bukan buatan guru itu sendiri sehingga kurang sesuai dengan karakterisitik siswa. Berlatar belakang hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku ajar siswa berbasis meaningful learning yang dapat menarik minat dan memudahkan siswa melakukan pembelajaran geometri yang lebih bermakna. Meaningful Learning merupakan suatu proses dikaitkannya informasi baru dengan konsep-konsep relevan yang terdapat dalam struktur kognitif seseorang. Ada empat prinsip meaningful learning yaitu advance organizer differensiasi progresif belajar superordinat dan rekonsiliasi integratif. Dengan meaningful learning ini ingatan siswa menjadi kuat dan transfer belajar mudah dicapai. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model Plomp yang menerapkan empat fase yaitu (1) fase investigasi awal (2) fase desain (3) fase realisasi/konstruksi dan (4) fase tes evaluasi dan revisi. Uji coba produk dilaksanakan pada siswa kelas III SDN Glundengan 03 Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember semester genap tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 20 siswa. Penelitian ini menghasilkan buku ajar siswa. Berdasarkan hasil validasi ahli dan praktisi menunjukkan buku ajar siswa yang dikembangkan dinyatakan valid dengan skor rata-rata 3 4. Hasil observasi terhadap keterlaksanaan buku ajar siswa berada dalam kriteria tinggi dengan skor rata-rata 3 76 sehingga buku ajar siswa tersebut telah memenuhi kriteria kepraktisan. Untuk keefektifan buku ajar siswa ditentukan dari analisis (1) tes penguasaan materi buku ajar (2) aktivitas guru dan siswa dan (3) hasil wawancara dengan siswa. Berdasarkan tes penguasaan materi sebanyak 85% siswa mendapatkan nilai 8805 65 sehingga kriteria ketuntasan secara klasikal telah terpenuhi. Hasil observasi terhadap aktivitas guru dan siswa pada kriteria aktif dan hasil wawancara menunjukkan bahwa siswa merasa senang dan mudah dalam belajar. Berdasarkan hasil analisis di atas dapat disimpulkan bahwa buku ajar siswa yang dikembangkan telah memenuhi kriteria keefektifan. Dengan demikian produk yang telah dikembangkan dapat dikatakan valid praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62806

Actions (login required)

View Item View Item