Perbedaan hasil belajar pada pembelajaran kontekstual inkuiri terbimbing dan pembelajaran konvensional ekspositori tema makananku sehat dan bergizi (studi pada siswa kelas IV SDN 3 Genteng Wetan Banyuwangi tahun ajaran 2014/2015) / Rima Trianingsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar pada pembelajaran kontekstual inkuiri terbimbing dan pembelajaran konvensional ekspositori tema makananku sehat dan bergizi (studi pada siswa kelas IV SDN 3 Genteng Wetan Banyuwangi tahun ajaran 2014/2015) / Rima Trianingsih

Trianingsih, Rima (2015) Perbedaan hasil belajar pada pembelajaran kontekstual inkuiri terbimbing dan pembelajaran konvensional ekspositori tema makananku sehat dan bergizi (studi pada siswa kelas IV SDN 3 Genteng Wetan Banyuwangi tahun ajaran 2014/2015) / Rima Trianingsih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Trianingsih Rima. 2015. Perbedaan Hasil Belajar pada Pembelajaran Kontekstual Inkuiri Terbimbing dan Pembelajaran Konvensional Ekspositori Tema Makananku Sehat dan Bergizi (Studi pada Siswa Kelas IV SDN 3 Genteng Wetan Banyuwangi Tahun Ajaran 2014/2015). Tesis. Jurusan Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ruminiati M.Si. (II) Dr. Sulton M.Pd. Kata Kunci pembelajaran kontekstual inkuiri terbimbing hasil belajar Hasil belajar pada kurikulum 2013 merupakan perpaduan dari tiga ranah secara proporsional yaitu afektif kognitif dan psikomotor. Hasil belajar yang baik akan diperoleh dari proses pembelajaran yang bermakna. Penelitian ini berjudul Perbedaan Hasil Belajar pada Pembelajaran Kontekstual Inkuiri Terbimbing dan Pembelajaran Konvensional Ekspositori Tema Makananku Sehat dan Bergizi (Studi pada Siswa Kelas IV SDN 3 Genteng Wetan Banyuwangi Tahun Ajaran 2014/2015) merupakan penelitian eksperimental yang dilakukan pada siswa kelas IV SDN 3 Genteng Wetan Banyuwangi. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh gambaran tentang perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran kontekstual inkuiri terbimbing dengan siswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan kuasi eksperimental dalam bentuk pretest-posttest control group yang telah dimodifikasi. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan dua perlakuan berbeda terhadap dua kelompok siswa. Kelompok eksperimen menggunakan pembelajaran kontekstual inkuiri terbimbing sedangkan kelompok kontrol menggunakan pembelajaran konvensional ekspositori. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes pada ranah kognitif serta instrumen lembar observasi pada ranah afektif dan ranah psikomotor. Data hasil belajar yang dianalisis adalah hasil belajar di awal (pretest) dan hasil belajar di akhir (posttest) sehingga dapat diketahui perbandingan kenaikan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t hitung lebih besar dari t tabel taraf signifikan 0 05 (3 065 2 018) dan P value (Sig. 2 tailed) sebesar 0 04 lebih kecil dari 0 05. Nilai t hitung juga bersifat positif yaitu 3 065 dengan perbedaaan mean rata-rata (mean difference) 15 636 (75 45-59 82). Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji t tersebut maka disimpulkan bahwa hipotesis penelitian yang menyatakan terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan pada pembelajaran kontekstual inkuiri terbimbing dan pembelajaran konvensional ekspositori diterima sehingga dapat diartikan bahwa hasil belajar siswa pada pembelajaran kontekstual inkuiri terbimbing lebih baik daripada hasil belajar siswa pada pembelajaran konvensional ekspositori.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62802

Actions (login required)

View Item View Item