Pengaruh model siklus belajar 5E berbantuan mind mapping dan pengetahuan awal terhadap kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Takisung / Muhammad Arifansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model siklus belajar 5E berbantuan mind mapping dan pengetahuan awal terhadap kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Takisung / Muhammad Arifansyah

Arifansyah, Muhammad (2015) Pengaruh model siklus belajar 5E berbantuan mind mapping dan pengetahuan awal terhadap kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Takisung / Muhammad Arifansyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arifansyah Muhammad. 2015. Pengaruh Model Siklus Belajar 5E Berbantuan Mind Mapping dan Pengetahuan Awal terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Takisung. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi IPA Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. I Wayan Dasna M.Si. M.Ed. Ph.D (II) Dra. Sri Rahayu M.Ed. Ph.D. Kata Kunci siklus belajar 5E mind mapping kemampuan berpikir kritis penguasaan konsep IPA pengetahuan awal. Pembelajaran IPA di SMP sejauh ini masih didominasi dengan pembelajaran konvensional sehingga belum mengoptimalkan kemampuan berpikir kritis. Untuk itu diperlukan model pembelajaran yang berpusat pada siswa. Salah satu model pembelajaran yang berpusat pada siswa adalah model siklus belajar 5E. Pada penelitian ini model siklus belajar 5E dipadukan dengan teknik mind mapping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model siklus belajar 5E berbantuan mind mapping dan pengetahuan awal terhadap kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep IPA siswa dan interaksinya. Penelitian eksperimen semu ini menggunakan rancangan faktorial 2 x 2. Sampel dipilih menggunakan teknik cluster random sampling dari 183 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Takisung. Kelompok eksperimen sebanyak 60 siswa dan kelompok kontrol sebanyak 57 siswa. Data pengetahuan awal siswa diperoleh menggunakan tes pengetahuan awal sedangkan data kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep IPA diperoleh menggunakan tes hasil belajar. Sebelum digunakan lembar tes telah divalidasi isi dan validasi empiris. Reliabilitas soal kemampuan berpikir kritis sebesar 0 71 dan soal penguasaan konsep IPA 0 82. Pengujian hipotesis menggunakan statistik parametrik Anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model siklus belajar 5E berbantuan mind mapping dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan siklus belajar 5E (2) terdapat perbedaan penguasaan konsep antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model siklus belajar 5E berbantuan mind mapping dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan siklus belajar 5E (3) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang berpengetahuan awal tinggi dengan siswa yang berpengetahuan awal rendah yang dibelajarkan dengan menggunakan siklus belajar 5E berbantuan Mind mapping (4) terdapat perbedaan penguasaan konsep IPA antara siswa yang berpengetahuan awal tinggi dengan siswa yang berpengetahuan awal rendah yang dibelajarkan dengan menggunakan siklus belajar 5E berbantuan Mind mapping (5) ada interaksi antara model pembelajaran dan pengetahuan awal terhadap kemampuan berpikir kritis siswa (6) ada interaksi antara model pembelajaran dan pengetahuan awal terhadap penguasaan konsep IPA siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62800

Actions (login required)

View Item View Item