Penerapan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis bagi siswa kelas V SD materi pecahan / Akhmad Syamsaidi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis bagi siswa kelas V SD materi pecahan / Akhmad Syamsaidi

Syamsaidi, Akhmad (2015) Penerapan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis bagi siswa kelas V SD materi pecahan / Akhmad Syamsaidi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Syamsaidi Akhmad. 2015. Penerapan Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Bagi Siswa Kelas V SD Materi Pecahan. Tesis Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd. (II) Dr. Edy Bambang Irawan M.Pd. Kata Kunci pembelajaran kontekstual kemampuan berpikir kritis pecahan Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis materi pecahan dengan menerapkan pembelajaran kontekstual yang melibatkan strategi REACT (Relating Experiencing Applying Cooperating dan Transferring) dan tujuh komponen utama yaitu (1) konstruktivisme (constructivism) (2) bertanya (questioning) (3) menemukan (inquiry) (4) masyarakat belajar (learning community) (5) pemodelan (modeling) (6) refleksi (reflection) dan (7) penilaian sebenarnya (authentic assessment). Subjek penelitian adalah siswa kelas VA SDN Tlogomas 2 Malang tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 8 siswa dan 12 siswi. Sedangkan objek penelitian adalah keseluruhan proses dan hasil pembelajaran matematika dengan pembelajaran kontekstual. Instrumen penelitian berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran lembar observasi aktivitas belajar siswa lembar observasi penilaian proses catatan lapangan tes akhir siklus. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan siklus dalam tindakannnya sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan pada penelitian ini dibagi menjadi 3 kegiatan yaitu kegiatan awal kegiatan inti dan kegiatan akhir. Pada kegiatan awal dilakukan kegiatan apersepsi penyampaian tujuan pembelajaran dan pembentukan kelompok sebanyak 5 kelompok yang terdiri dari 4 siswa setiap kelompoknya. Pada kegiatan inti proses pembelajaran dilakukan dengan menggunakan media dan LKS. Pada LKS terdapat masalah berupa soal cerita kontekstual yang harus diselesaikan siswa secara berkelompok dengan strategi dan prosedur berpikir kritis. Setelah siswa menyelesaikan masalah dalam LKS setiap kelompok melakukan presentasi kelas dan tanggapan dari kelompok lain. Pada kegiatan akhir yaitu mengarahkan siswa untuk membuat rangkuman refleksi dan tes akhir pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kontekstual pada materi perkalian dan pembagian pecahan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan hasil analisis tes akhir siklus pada siklus I skor rata-rata sebesar 76 18 sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 80 63. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 63% siswa dan 88% siswa pada siklus II.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62797

Actions (login required)

View Item View Item