Penerapan problem-based learning dengan menggunakan scaffolding untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas 5 SDN Gununggedangan 1 Kota Mojokerto / Dewi Rate Sholihatul Inayah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan problem-based learning dengan menggunakan scaffolding untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas 5 SDN Gununggedangan 1 Kota Mojokerto / Dewi Rate Sholihatul Inayah

Inayah, Dewi Rate Sholihatul (2015) Penerapan problem-based learning dengan menggunakan scaffolding untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas 5 SDN Gununggedangan 1 Kota Mojokerto / Dewi Rate Sholihatul Inayah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Inayah Dewi Rate Sholihatul. 2015. Penerapan Problem-Based Learning denganMenggunakan Scaffolding untukMeningkatkanPemahamanKonsepMatematikaSiswaKelas V SDN Gununggedangan 1 Kota Mojokerto. Tesis. Program StudiPendidikanDasar PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Akbar Sutawidjaja M.Ed Ph.D (2) Dr. Subanji S.Pd M.Si. Kata Kunci Problem-Based Learning Scaffolding Pemahamankonsep. Berdasarkanpengamatanketikapembelajaransertaanalisisjawabansiswapadaulanganharian sub tema 3 tema 1 ditemukanbahwapemahamankonsepsiswakelas 5 SDN Gununggedangan 1 perluditingkatkan.Selainitu berdasarkanwawancaradengan guru kelasdiketahuibahwasiswakelas 5 mengalamikesulitandalammenyelesaikansoalcerita.Permasalahaninidiatasidenganpemberianbantuan (scaffolding) oleh guru atautemansebaya yang mampukepadasiswaketikabelajarmemecahkanpermasalahanmelalui model pembelajaranProblem-Based Learning (PBL).TujuanpenelitianiniadalahmendeskripsikanpenerapanPBLdenganpemberianscaffolding yang dapatmeningkatkanpemahamankonsepsiswakelas 5 SDN Gununggedangan 1. Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas (PTK) dengandesainmengacupada model Lorenz Bachman (2001) yang meliputi merencanakan tindakandanpenelitian danmerefleksi. Proses PTK dilaksanakandalamduasiklus.SiklusIdilakukandalamempatpertemuan.SiklusIIdilakukandalamlimapertemuan. Penelitianinidilaksanakan di SDN Gununggedangan 1 Kota Mojokerto dengansubyekpenelitian 40 siswakelas 5tahunpelajaran 2014/2015.Pengumpulan data diperolehdarirekappraktikpembelajaran observasi tesujikompetensi danwawancara. Hasilpenelitianmenunjukanbahwapenerapan model PBL menggunakanscaffoldingdapatmeningkatkanpemahamankonsepsiswakelas 5 SDN Gununggedangan 1padamateribilanganpangkatduadanakarpangkatdua.Peningkatanpemahamankonsepmatematikadiukurmelaluihasilujikompetensiberupatestulispadaakhirsiklus. PadasiklusI rata-rata kelas 75 89 danpersentasebanyaksiswa yang mencapai KKM 65 7 %. SedangkanpadasiklusII rata-rata kelasadalah 84 59danpersentasebanyaksiswa yang mencapai KKM 96 6 %.Banyaksiswa yang mengalamikenaikannilaiujikompetensipadasiklus II adalah69 0 %.Berdasarkanhasilpenelitianini dapatdisimpulkanpeningkatanpemahamankonsepsiswaterjadikarenapenerapan model PBLmenggunakanteknikscaffoldingdengantahapan (1) mereviewdanmenyajikanmasalah (2) menyusunstrategi (3) menerapkanstrategi dan (4) membahasdanmengevaluasihasil.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62796

Actions (login required)

View Item View Item