Rahmawanto, Roni (2015) Penggunaan teknik mind map berbasis multimedia presentasi untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar IPS (studi pada siswa kelas IV B SD Bantul Timur Kabupaten Bantul Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta) / Roni Rahmawanto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Rahmawanto Roni. 2015. Penggunaan Teknik Mind Map Berbasis Multimedia Presentasi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar IPS (Studi pada Siswa Kelas IV B SD Bantul Timur Kabupaten Bantul Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta). Tesis Pascasarjana Program Studi Pendidikan Dasar Guru Kelas Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sudarmiatin M.Si (II) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd Kata Kunci Teknik mind map berbasis multimedia presentasi aktivitas prestasi belajar Hasil observasi awal yang dilakukan peneliti telah menemukan permasalahan berupa rendahnya aktivitas dan prestasi belajar pada muatan IPS di kelas IV B SD Bantul Timur. Rendahnya aktivitas tampak pada nilai rata-rata yang ditunjukkan yaitu 55 % siswa aktif. Sedangkan rendahnya nilai prestasi belajar siswa tampak dari nilai rata-rata prestasi kognitif afektif dan psikomotor siswa masing-masing yaitu 55 60 dan 58. Hasil tersebut disebabkan antara lain karena tidak digunakannya media dalam pembelajaran siswa cenderung membuat catatan dalam bentuk linier dan panjang sehingga siswa mengalami kesulitan dalam mencari pokok atau poin-poin materi pelajaran yang telah dipelajari dan rendahnya aktivitas belajar siswa yang sangat berpengaruh terhadap pemahaman siswa terkait materi pelajaran yang dipelajari. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan penggunaan teknik mind map berbasis multimedia presentasi mendeskripsikan penggunaan teknik mind map berbasis multimedia presentasi dapat meningkatkan aktivitas dan mendeskripsikan penggunaan teknik mind map berbasis multimedia presentasi dapat meningkatkan prestasi belajar IPS. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV B SD Bantul Timur Tahun Pelajaran 2014/2015. Pelaksanaan tindakan dalam penelitian ini dimulai pada tanggal 12 Januari sampai 23 Januari 2015. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus 4 kali pertemuan. Pelaksanaan tindakan mengacu pada pendapat Kemmis Mc Taggart yang mengemukakan tahap-tahap PTK yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan tindakan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kognitif observasi afektif rubrik psikomotor observasi kegiatan guru observasi aktivitas siswa wawancara dengan guru catatan lapangan dan dokumentasi. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran menggunakan teknik mind map berbasis multimedia presentasi dalam pembelajaran muatan IPS pada penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan dimana masing-masing pertemuan berlangsung selama 2 x 1 jam pelajaran (35 menit) (2) terjadi peningkatan taraf keberhasilan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 22% (3) terjadi peningkatan taraf keberhasilan prestasi belajar kognitif siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 22% terjadi peningkatan taraf keberhasilan prestasi belajar afektif dari siklus I ke siklus II sebesar 23% terjadi peningkatan taraf keberhasilan prestasi belajar psikomotor dari siklus I ke siklus II sebesar 29%. Semua peningkatan tersebut telah memenuhi kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan. 12288 12288 12288 12288 Saran yang dapat diberikan yaitu (1) hendaknya sekolah menyediakan sumber belajar yang lebih lengkap dan bervariasi guna mendukung pembelajaran menggunakan mind map berbasis multimedia presentasi misalnya jaringan internet speaker dan lain-lain (2) guru hendaknya dapat menggunakan teknik mind map berbasis multimedia presentasi untuk mendukung proses kebermaknaan dalam pembelajaran (3) penggunaan mind map berbasis multimedia presentasi dalam pembelajaran muatan IPS sebaiknya perlu dikembangkan dan dilakukan penelitian lebih lanjut guna proses perbaikan yang berkesinambungan. Peneliti lain dapat meneliti atau menguji pada muatan materi atau kelas yang lain.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Apr 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62794 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |