Pengembangan buku pengayaan perubahan sosial di Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah sebagai sumber belajar IPS di SMP / Bambang Tejokusumo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku pengayaan perubahan sosial di Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah sebagai sumber belajar IPS di SMP / Bambang Tejokusumo

Tejokusumo, Bambang (2015) Pengembangan buku pengayaan perubahan sosial di Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah sebagai sumber belajar IPS di SMP / Bambang Tejokusumo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tejokusumo Bambang. 2015. Pengembangan Buku Pengayaan Perubahan Sosial di Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah sebagai Sumber Belajar IPS di SMP. Tesis. Jurusan Pendidikan Dasar IPS Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Wahjoedi M.Pd. M.E. (2) Dra. Siti Malikhah Towaf M.A. Ph. D. Kata kunci IPS buku pengayaan perubahan sosial sumber belajar Siswa yang telah melampaui nilai ketuntasan membutuhkan bahan pengayaan untuk memperluas pengetahuan dan wawasan IPS sementara bahan pengayaan dalam bentuk buku pengayaan belum tersedia di sekolah. Pengembangan buku pengayaan bagi siswa diperlukan dalam kondisi seperti ini. Buku pengayaan merupakan buku yang memuat materi yang dapat memerkaya dan meningkatkan penguasan ipteks dan keterampilan membentuk kepribadian peserta didik pendidik pengelola pendidikan dan masyarakat pembaca lainnya. Perubahan sosial merupakan perubahan kehidupan masyarakat yang berlangsung terus-menerus dan tidak akan pernah berhenti karena tidak ada satu masyarakatpun yang berhenti pada suatu titik tertentu sepanjang masa. Perubahan sosial mencakup bermacam-macam perubahan di dalam lembaga-lembaga masyarakat yang mempengaruhi sistem sosialnya termasuk nilai-nilai sikap dan pola tingkah laku antarkelompok di dalam masyarakat. Sumber yang dapat dimanfaatkan dan dikelola dalam proses pembelajaran banyak baik secara sengaja disediakan maupun yang telah banyak tersedia di lingkungan sekitar siswa. Dalam proses pembelajaran semua pihak yang terlibat dalam pembelajaran memerlukan sumber yang dapat menunjang proses pembelajaran. Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga Provinsi Jawa Tengah dijadikan sebagai obyek penelitian karena dekat dengan tempat tinggal siswa yang menjadi obyek penelitian. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dari Borg Gall (1983 628) dengan langkah-langkah sebagai berikut (1) penelitan dan pengumpulan informasi awal (2) perencanaan (3) pengembangan format produk awal (4) uji coba awal (5) revisi produk (6) uji coba lapangan (7) revisi produk (8) uji lapangan (9) revisi produk akhir dan (10) deseminasi dan implementasi. Penelitian dan pengembangan ini melibatkan tiga ahli diantaranya 1) ahli materi 2) ahli bahasa dan 3) ahli grafika. Secara umum produk yang dihasilkan dinilai valid dengan prosentase kevalidan masing masing ahli yaitu 90% valid menurut ahli materi 84% valid menurut ahli bahasa dan 59% valid menurut ahli grafika. Uji coba produk dilakukan oleh 5 guru IPS SMP dan 15 siswa SMP memperoleh rata-rata skor 92 48 dan 93 3 namun juga mendapat tanggapan dan saran antara lain penambahan kata dalam glosarium dan penambahan gambar pada sampul serta isi buku. Kajian produk pengembangan buku pengayaan ini dilihat dari tiga komponen yaitu materi bahasa dan grafika sedangkan saran berupa pemanfaatan dan pengembangan lebih lanjut buku pengayaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Apr 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62792

Actions (login required)

View Item View Item