Pengembangan bahan ajar tematik dengan pendekatan kontekstual kelas III sekolah dasar / Suharto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar tematik dengan pendekatan kontekstual kelas III sekolah dasar / Suharto

Suharto (2015) Pengembangan bahan ajar tematik dengan pendekatan kontekstual kelas III sekolah dasar / Suharto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Suharto 2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Dengan Pendekatan Kontekstual Kelas III Sekolah Dasar. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Abdul Gofur M.Si (2) Drs.I Wayan Dasna M.Si. M.Ed. Ph.D Kata kunci Bahan ajar Pembelajaran tematik Karakteristik siswa Pendekatan kontekstual 12288 12288 12288 12288 Pembelajaran tematik pada kurikulum 2013 membutuhkan bahan ajar yang mengaktifkan peran siswa dalam pembelajaran. Bahan ajar yang baik yaitu mudah dipahami dan sesuai dengan karateristik dan lingkungan terdekat siswa. Berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan dalam proses pembelajaran di Kelas III SDN 2 Kebondalem ditemukan bahwa bahan ajar yang digunakan tidak sesuai dengan karakteristik siswa dan belum menggunakan hal hal yang dekat dengan kehidupan siswa. Untuk itu penelitian ini bertujuan menghasilkan bahan ajar tematik dengan pendekatan kontekstual yang valid dan efektif agar dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang ada di kelas III SDN 2 Kebondalem. 12288 12288 12288 12288 Penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan Borg Gall (1983 775 ) yang prosesnya terdiri atas 10 langkah yakni (1) penelitian dan pengumpulan data (2) perencanaan (3) pengembangan awal draf produk (4) uji ahli (5) uji coba terbatas (6) revisi uji coba terbatas (7) uji coba lapangan (8) revisi uji coba lapangan (9) produk akhir (10) distribusi. Penelitian ini dilakukan di SDN 2 Kebondalem dengan subjek penelitian siswa kelas III sebanyak 29 siswa yang terdiri dari 16 laki-laki dan 13 perempuan. Draf hasil pengembangan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media menggunakan lembar validasi ahli. Instrumen pengumpulan data yang digunakan antara lain lembar validasi para ahli angket tanggapan siswa angket tanggapan guru lembar penilaian dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian adalah (1) dihasilkan bahan ajar tematik dengan pendekatan kontekstual yang berisi bab I contoh tumbuhan di sekitar bab II bagian bagian tumbuhan di sekitar bab III manfaat tumbuhan di sekitar dan bab IV cara merawat tumbuhan di sekitar (2) tingkat validitas dari para ahli menunjukan persentase 81 3% dengan kategori tinggi atau dengan kriteria valid dan layak digunakan (3) tingkat keefektifan bahan ajar mencapai persentase 84 7% dengan kategori tinggi dan layak digunakan. Dengan demikian bahan ajar yang dikembangkan dapat digunakan untuk mengajar kelas III SDN 2 Kebondalem.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Feb 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62787

Actions (login required)

View Item View Item