Pengembangan media video tutorial mewarna untuk anak kelompok B di TK Alam Qurrota A'yun Ceria Malang / Ruly Dwi Anjarsari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media video tutorial mewarna untuk anak kelompok B di TK Alam Qurrota A'yun Ceria Malang / Ruly Dwi Anjarsari

Anjarsari, Ruly Dwi (2015) Pengembangan media video tutorial mewarna untuk anak kelompok B di TK Alam Qurrota A'yun Ceria Malang / Ruly Dwi Anjarsari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anjarsari Dwi Ruly. 2014. Pengembangan Media Video Tutorial Mewarna untuk Anak Kelompok B di TK Alam Qurrota A yun Ceria Malang. Tesis. Program Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Dedi Kuswandi M.Pd (II) Prof.Dr. Anang Santoso M.Pd. Keywords media video tutorial mewarna anak TK kelompok B. Peran media dalam pembelajaran khususnya dalam pendidikan anak usia dini semakin penting mengingat perkembangan anak pada saat itu berada pada masa berfikir konkret. Media yang cocok untuk pembelajaran anak usia dini adalah media yang memiliki beberapa unsur antara lain menyenangkan bermanfaat mendidik dan aman bagi anak usia dini. Penelitian ini dilaksanakan untuk meneliti kemampuan mewarna siswa TK kelompok B. Tujuan penelitian ini adalah 1) menghasilkan media pembelajaran berbasis video tutorial pada kemampuan mewarna untuk anak TK kelompok B 2) menghasilkan produk yang valid efektif menarik dan praktis untuk anak TK kelompok B. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif dan statistik deskriptif. Analisis deskriptif kualitatif digunakan untuk mengolah data yang berupa masukan kritikan dan saran analisis dat statistik deskriptif digunakan untuk mengolah data yang diperoleh dari angket dan lembar tes. Dalam mengumpulkan data melalui observasi pedoman wawancara dan catatan lapangan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg Gold yang telah dimodifikasi oleh peneliti. Penelitian ini menggunakan uji coba kelompok kecil dan uji coba skala terbatas. Uji coba kelompok kecil melibatkan 6 siswa sedangkan uji coba skala terbatas melibatkan 40 siswa yang terbagi dalam dua kelas satu sebagai kelas kontol dan satu sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum media video tutorial mewarna mampu meningkatkan kemampuan mewarna siswa TK khususnya kelompok B. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya antusias siswa dalam mewarna dan hasil mewarna yang mengalami peningkatan data diperoleh melalui observasi yang dilakukan oleh guru kelas. Data juga diperoleh dengan hasil data kevalidan sebesar 82.5% kemenarikan 83.3% keefektifan 87.9% dan kepraktisan 84.6%. Penggunaan media video tutorial mewarna ini sangat membantu guru dalam meningkatkan kemampuan mewarna siswa kelompok B akan tetapi guru tetap menjadi motivator bagi siswa di saat menggunakan video tutorial mewarna ini. Pembelajaran dengan menggunakan media video tutorial mewarna siswa menjadi senang dan tertarik dalam memperoleh suatu materi atau informasi yang diberikan oleh guru. Media video tutorial ini berdurasi 60 menit dan menggunakan kurikulum 2010 dengan model pembelajaran klasikal dengan pendekatan Tematik. Tema yang dipilih adalah Binatang . Video tutorial mewarna ini menggunakan bantuan tutor beliau adalah seorang pakar mewarna dengan dibuktikan pernah menjuarai mewarna tingkat nasional tahun 2010. Tutor juga seorang guru TK sehingga tutor mampu menyajikan sebuah pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan anak usia dini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62783

Actions (login required)

View Item View Item