Minat membaca dan pengaruhnya terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V sekolah dasar / Ikbal - Repositori Universitas Negeri Malang

Minat membaca dan pengaruhnya terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V sekolah dasar / Ikbal

Ikbal (2015) Minat membaca dan pengaruhnya terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V sekolah dasar / Ikbal. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ikbal. 2014. Minat Membaca dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Imam Agus Basuki M.Pd. (II) Dr. Nurchasanah M.Pd Kata kunci Minat Membaca Membaca Pemahaman Membaca merupakan jendela dunia maka dari itu pada pendidikan formal baik itu di tingkat dasar menengah maupun pendidikan tingkat tinggi selalu diupayakan terjadinya peningkatan minat dan kompetensi membaca. Adapun salah satu kompetensi membaca yang perlu dikuasai adalah membaca pemahaman. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan minat membaca siswa kelas V SDN Putat Kidul 01 (2) mendeskripsikan perbedaan minat membaca siswa laki-laki dan perempuan kelas V SDN Putat Kidul 01 (3) mendeskripsikan perbedaan kemampuan membaca pemahaman siswa laki-laki dan perempuan kelas V SDN Putat Kidul 01 dan (4) mendeskripsikan pengaruh minat membaca terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Putat Kidul 01. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto dengan subjek 53 siswa kelas V SDN Putat Kidul 01. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa soal tes dan angket minat membaca. Sumber data diperoleh langsung dari siswa kelas V SDN Putat Kidul 01. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analasis faktor dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) indikator-indikator yang mempengaruhi minat membaca adalah frekuensi membaca jumlah bacaan yang dibaca waktu untuk membaca pengaruh orang lain tujuan membaca jenis bacaan dan manfaat yang diperoleh setelah membaca (2) tidak ada perbedaan yang signifikan minat membaca antara siswa laki-laki dan perempuan kelas V SDN Putat kidul 01 (3) tidak ada perbedaan yang signifikan kemampuan pemahaman membaca antara siswa laki-laki dan perempuan kelas V SDN Putat kidul 01 dan (4) ada pengaruh minat membaca terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Putat Kidul 01. Berdasarkan hasil penelitian disarankan bagi (1) siswa sebaiknya meningkatkan frekuensi membaca jumlah bacaan yang dibaca dan waktu untuk membaca. Serta memperhatikan tujuan dalam membaca jenis bacaan manfaat yang diperoleh dan merespon ajakan orang lain yang mempengaruhi minat membaca agar dapat meningkatkan minat membaca dan membaca pemahaman (2) guru hendaknya terus berupaya untuk meningkatkan minat membaca para siswa dengan memperhatikan indikator-indikator minat membaca yang telah ditemukan (3) sekolah seharusnya memiliki kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan minat membaca siswa agar dapat meningkatkan kualitas lulusan (4) peneliti lanjut diharapkan dapat melakukan penelitian yang lebih mendalam khususnya tentang membaca dan indikator-indikator yang mempengaruhi minat membaca ini bisa dijadikan referensi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62782

Actions (login required)

View Item View Item