Pengembangan bahan ajar tematik untuk siswa kelas IV sekolah dasar (studi pada siswa kelas IV SDN Sokosari 1 Tuban) / Ina Agustin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar tematik untuk siswa kelas IV sekolah dasar (studi pada siswa kelas IV SDN Sokosari 1 Tuban) / Ina Agustin

Agustin, Ina (2015) Pengembangan bahan ajar tematik untuk siswa kelas IV sekolah dasar (studi pada siswa kelas IV SDN Sokosari 1 Tuban) / Ina Agustin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Agustin Ina. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar (Studi pada Siswa Kelas IV SDN Sokosari 1 Tuban). Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. I Wayan Dasna M.Si M.Ed Ph.D. (II) Dr. Muhardjito M.S. Kata kunci Bahan Ajar Modul Pembelajaran Pembelajaran Tematik Peta Konsep. 12288 12288 12288 Penerapan kurikulum 2013 mengharuskan bahwa seluruh siswa pada jenjang sekolah dasar dari kelas satu sampai dengan kelas enam menerapkan pembelajaran tematik. Wawancara dengan guru kelas IV SDN Sokosari 1 Tuban serta observasi lapangan menunjukkan bahwa bahan ajar yang digunakan oleh guru belum maksimal karena pada buku siswa belum terdapat pengembangan latihan soal dan isi bacaan pada buku siswa belum sesuai dengan kondisi tempat tinggal siswa sehingga siswa membutuhkan sumber belajar tambahan yang sesuai dengan karakteristik dan kondisi tempat tinggal siswa. Tujuan Penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa bahan ajar tematik yang valid efektif dan dapat diterapkan untuk siswa kelas IV sekolah dasar. 12288 12288 12288 Pengembangan bahan ajar tematik ini menggunakan model pengembangan Borg Gall (1983) dengan melakukan Sembilan langkah yaitu (1) studi pendahuluan (2) perencanaan (3) desain produk (4) validasi produk oleh para ahli (5) revisi 1 (6) uji coba kelompok kecil (7) revisi II (8) uji lapangan (9) produk akhir. Validasi produk diberikan kepada ahli materi dan ahli desain. Uji Coba Produk dilakukan dengan uji coba lapangan kepada guru dan siswa dilanjutkan revisi sehingga didapatkan produk akhir bahan ajar tematik untuk siswa kelas IV sekolah dasar. 12288 12288 12288 12288 Hasil Pengembangan menghasilkan produk bahan ajar tematik yang berupa modul tematik yang dilengkapi dengan buku panduan guru. Materi pada modul tematik disajikan dalam bentuk peta konsep yang berada di setiap awal pembelajaran. Modul tematik terdiri atas tiga bagian utama yaitu bagian pendahuluan pembahasan dan penutup. Buku panduan guru berisi tentang panduan penggunaan bahan ajar tematik dalam kegiatan pembelajaran penilaian silabus RPP dan daftar rujukan. Uji coba produk terdiri atas uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Hasil rata-rata kevalidan dari validasi ahli dalam penelitian ini mencapai 73%. Uji coba lapangan dilakukan untuk mengetahui keterterapan dan keefektifan produk yang berupa bahan ajar tematik untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Hasil ujicoba lapangan pada keterterapan produk mencapai 92%. Hasil ujicoba lapangan pada keefektifan produk untuk aspek hasil belajar siswa dilihat dari ranah kognitif ranah afektif dan psikomotor mencapaai 100% bagi siswa yang mencapai skor 8805 75 dari 100. Aspek aktivitas belajar mencapai 80% sehingga dapat dinyatakan bahan ajar tematik efektif digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan data di atas produk yang telah dikembangkan dapat dikatakan valid dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran di kelas IV SDN Sokosari 1 Tuban dan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62781

Actions (login required)

View Item View Item