Penggunaan model pembelajaran course review horay dalam meningkatkan hasil belajar bilangan pecahan pada siswa kelas IV SDN 1 Besole Kabupaten Tulungagung / Hendra Sanjaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan model pembelajaran course review horay dalam meningkatkan hasil belajar bilangan pecahan pada siswa kelas IV SDN 1 Besole Kabupaten Tulungagung / Hendra Sanjaya

Sanjaya, Hendra (2016) Penggunaan model pembelajaran course review horay dalam meningkatkan hasil belajar bilangan pecahan pada siswa kelas IV SDN 1 Besole Kabupaten Tulungagung / Hendra Sanjaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sanjaya Hendra. 2016. Penggunaan Model Pembelajaran Course Review Horay dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bilangan Pecahan pada Siswa Kelas IV SDN 1 Besole Kabupaten Tulungagung. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. M. Zainuddin M.Pd. (II) Suwarti S.Pd. M.Pd. Kata Kunci course review horay hasil belajar bilangan pecahan Hasil observasi di SDN 1 Besole Kabupaten Tulungagung menunjukkan bahwa pembelajaran bilangan pecahan belum berjalan baik. Hasil observasi menunjukkan beberapa masalah antara lain pertama guru tidak menggunakan model pembelajaran yang melibatkan siswa secara langsung. Kedua guru tidak menggunakan media pembelajaran yang menarik perhatian siswa. Ketiga siswa kurang terlibat dalam proses pembelajaran. Keempat suasana belajar yang kurang menyenangkan dan monoton. Kelima pembelajaran di dalam kelas oleh guru dilakukan secara klasikal. Permasalahan ini berdampak pada rendahnya hasil belajar pada materi bilangan pecahan dari 26 siswa terdapat 57 69% atau 15 siswa memiliki nilai dibawah KKM (KKM matematika sebesar 75) dengan nilai rata-rata 64. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran course review horay dan meningkatkan hasil belajar bilangan pecahan siswa kelas IV SDN 1 Besole Kabupaten Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi tes catatan lapangan dan dokumentasi. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisis dengan tahap reduksi penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian dilaksanakan selama 2 siklus. Tahap kegiatan yang dilakukan pada setiap siklus adalah perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Hasil observasi aktivitas guru menunjukkan hasil sangat baik pada siklus I aktivitas guru 92 5%. Pada siklus II aktivitas guru 95%. Hasil penelitian terhadap hasil belajar siswa menunjukkan nilai yang baik dan meningkat dari setiap siklusnya. Pada siklus I dari 26 siswa terdapat 16 siswa atau 61 54% tuntas rata-rata hasil belajar adalah 72. Pada siklus II terdapat 22 siswa atau 84 62% tuntas rata-rata hasil belajar adalah 82. Dari hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa Hasil belajar bilangan pecahan pada siswa kelas IV SDN 1 Besole Kabupaten Tulungagung dapat meningkat melalui penggunaan model pembelajaran course review horay. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pertama penerapan model pembelajaran course review horay pada materi bilangan pecahan telah dilaksankan dengan baik dan sesuai dengan langkah-langkah yang ada. Kedua hasil belajar bilangan pecahan pada siswa kelas IV SDN 1 Besole Kabupaten Tulungagung dapat meningkat melalui penggunaan model pembelajaran course review horay.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6278

Actions (login required)

View Item View Item