Rohmah, Risalatur (2015) Peningkatan keterampilan menulis paragraf deskripsi melalui metode karyawisata dan penyuntingan sejawat pada siswa kelas IV SDN Gandusari 02 Kabupaten Blitar / Risalatur Rohmah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Rohmah Risalatur. 2015. Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Deskripsi melalui Metode Karyawisata dan Penyuntingan Sejawat. Tesis. Jurusan Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muakibatul Hasanah M.Pd (II) Dr. I Wayan Dasna M.Si. M.Ed Kata kunci keterampilan menulis metode karyawisata penyuntingan sejawat 12288 12288 12288 12288 Pada mata pelajaran Bahasa Indonesia menulis tanpa mendapatkan komentar atau balikan dari guru menjadi hal yang harus dihadapi siswa. Berdasarkan observasi yang dilakukan pada siswa kelas IV SDN Gandusari 02 menunjukkan bahwa siswa senang terhadap mata pelajaran Bahasa Indonesia namun mereka sering merasa jenuh jika guru memberikan tugas saja misalnya menulis dan tidak mendapatkan balikan. Guru juga belum memanfaatkan kemampuan siswa dalam melakukan penyuntingan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis. Pada penelitian ini dipilihlah metode karyawisata dan penyuntingan sejawat. Tujuan penelitian ini adalah (1) meningkatkan kualitas proses pembelajaran keterampilan menulis paragraf deskripsi siswa kelas IV di SDN Gandusari 02 Kabupaten Blitar melalui metode karyawisata dan penyuntingan sejawat dan (2) meningkatkan hasil menulis paragraf deskripsi siswa kelas IV di SDN Gandusari 02 Kabupaten Blitar melalui metode karyawisata dan penyuntingan sejawat. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian ini terdiri atas tiga siklus dengan tiga siklus mencakup (1) perencanaan (2) pelaksanaan tindakan dan pengamatan dan (3) refleksi. Teknik penelitian yang digunakan adalah observasi wawancara catatan lapangan dan rubrik penilaian. Data penelitian ini terdiri dari data proses pada saat pembelajaran menulis data aktivitas siswa selama proses menulis pargaraf deskripsi dan data hasil karya siswa berupa tulisan paragraf deskripsi setelah dilakukannya perbaikan. 12288 12288 12288 12288 Hasil keterampilan proses menulis paragraf deskripsi berkategori sangat baik nilai rerata kelas untuk kegiatan proses menulis paragraf deskripsi pada Siklus I sebesar 79% dan terjadi peningkatan pada Siklus II masing-masing aspek meningkat menjadi 84% serta pada Siklus III juga mengalami peningkatan menjadi 92%. Pada aktivitas siswa terdapat penurunan jumlah siswa yang kurang dalam hal respon antusiasme keaktifan dan kerjasama selama pembelajaran berlangsung. Dari analisis hasil tulisan paragraf deskripsi diketahui bahwa rerata kelas dalam keterampilan menulis pada aspek paragraf kemampuan siswa dalam pengembangan ide urutan dan struktur bahasa tanda baca dan ejaan serta informasi dan fakta pada Siklus I sebesar 74% Siklus II sebesar 87% dan Siklus III sebesar 90%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Jan 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62779 |
Actions (login required)
View Item |