Pembelajaran TGT berbantuan media lego brick untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar operasi hitung bilangan bulat / Miftahul Jannah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran TGT berbantuan media lego brick untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar operasi hitung bilangan bulat / Miftahul Jannah

Jannah, Miftahul (2015) Pembelajaran TGT berbantuan media lego brick untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar operasi hitung bilangan bulat / Miftahul Jannah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Jannah Miftahul. 2014. Pembelajaran Team Game Tournament (TGT) Berbantuan Media Lego Brick untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Operasi Hitung Bilangan Bulat. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Subanji M.Si. (II) Dr. Edy Bambang Irawan M.Pd. Kata kunci TGT lego brick keaktifan hasil belajar operasi hitung bilangan bulat. Salah satu di antara materi matematika yang diajarkan kepada siswa di tingkat sekolah dasar adalah bilangan bulat. Bilangan bulat terdiri dari bilangan bulat positif bilangan bulat negatif dan bilangan 0. Salah satu standar kompetensi pada pelajaran matematika SD/MI kelas IV semester II adalah menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat. Berdasarkan standar kompetensi ini siswa diharapkan dapat memahami serta mampu mengoperasikan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Namun kenyataannya masih banyak siswa yang belum memahami materi tersebut hal ini terlihat dari hasil belajar siswa yang masih banyak berada di bawah KKM. Berdasarkan data hasil wawancara dengan guru mata pelajaran matematika dan hasil observasi proses pembelajaran matematika di MI NW Nahdlatul Mujahidin Jempong peneliti dapat memetakan beberapa persoalan terkait pembelajaran matematika materi bilangan bulat di antaranya 1) siswa masih mengalami kesulitan untuk menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan bilangan bulat 2) siswa kesulitan menentukan arah operasi hitung pada garis bilangan 3) kurangnya keaktifan belajar siswa 4) guru kurang memanfaatkan metode dan media yang efektif. Dalam rangka mengurai persoalan-persoalan tersebut perlu diupayakan sebuah model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar operasi hitung bilangan bulat siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran TGT berbantuan media Lego Brick. Berdasarkan pemikiran tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar operasi hitung bilangan bulat siswa melalui penerapan model pembelajaran TGT berbantuan media Lego Brick. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan enam kali pertemuan. Pertemuan pertama dan kedua membahas tentang operasi hitung penjumlahan bilangan bulat pertemuan ketiga adalah tes akhir siklus I pertemuan keempat dan kelima membahas tentang operasi hitung pengurangan bilangan bulat dan pertemuan keenam merupakan tes akhir siklus II. Hasil penelitian menunjukan Pembelajaran TGT berbantuan media lego brick pada operasi hitung bilangan bulat dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV MI NW Nahdlatul Mujahidin Jempong. Hal ini terlihat dari hasil pengamatan selama proses pembelajaran berlangsung. Pada siklus I keaktifan belajar siswa mencapai 64 50% (Aktif) sementara pada siklus II meningkat menjadi 81 08% (Sangat Aktif). Demikian juga dengan hasil belajar siswa pada operasi hitung bilangan bulat terjadi peningkatan. Pada siklus I hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 70% dan pada siklus II meningkat menjadi 85%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62774

Actions (login required)

View Item View Item