Penerapan pembelajaran matematika realistik dan model treefinger untuk meningkatkan hasil belajar operasi hitung pecahan (studi pada siswa kelas V SDN Gunung Makmur 4 Kecamatan Takisung) / Nurhidayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran matematika realistik dan model treefinger untuk meningkatkan hasil belajar operasi hitung pecahan (studi pada siswa kelas V SDN Gunung Makmur 4 Kecamatan Takisung) / Nurhidayati

Nurhidayati (2014) Penerapan pembelajaran matematika realistik dan model treefinger untuk meningkatkan hasil belajar operasi hitung pecahan (studi pada siswa kelas V SDN Gunung Makmur 4 Kecamatan Takisung) / Nurhidayati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nurhidayati.2014. Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik dan Model Treefinger untuk Meningkatkan Hasil Belajar Operasi Hitung Pecahan (studi pada Siswa Kelas V SDN Gunung Makmur 4 Kabupaten Tanah Laut). Tesis. Jurusan Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Hj. Utami Widianti M.A P.h.D. (II) Prof. Dr. Sutarto Hadi M.Sc M.Ed. Kata Kunci Pembelajaran Matematika Realistik Model Treefinger dan Hasil Belajar. Matematika adalah mata pelajaran yang masih ditakuti oleh sebagian besar siswa di Sekolah Dasar tidak terkecuali bagi siswa kelas V SDN Gunung Makmur 4. Permasalahan yang sering dialami oleh siswa tersebut khususnya terkait operasi hitung pecahan diantaranya (1) Siswa mudah lupa pada materi yang sudah dipelajari sebelumnya (2)siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah operasi hitung pecahan yang rendah dan terikat pada prosedur dan rumus (3)Hasil belajar siswa kurang memuaskan hal itu terlihat dari hasil ulangan harian siswa mengenai operasi hitung pecahan rata rata kelas hanya 54 67 dan hanya 30% siswa berhasil memperoleh nilai di atas KKM (70). Berdasarkan penelitian di atas peneliti ingin melibatkan proses pembelajaran yang menggunakan dunia nyata dan kreativitas siswa untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk menggambarkan penerapan pembelajaran Matematika Realistik dan Model Treefinger untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Operasi Hitung Pecahan. 12288 12288 12288 12288 Langkah langkah pembelajaran yang digunakan pada pendekatan realistik dan model Treefinger dari tingkat I hingga III pada penelitian ini adalah (1) Warming up (2) sumbang saran (3) Teknik Sintetis (4)Analisa Morfologi (5) Teknik Creative Problem solving (6)Evalusi dan(7) Pemberian Reward Hasil penelitian ini terdiri dari 2 siklus setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan dari hasil refleksi tiap siklus menunjukan bahwa rata rata skor hasil belajar siswa diperoleh 69 33 pada siklus I dan pada siklus II skor rata rata meningkat menjadi 86 67. Hal ini menunjukan hasil belajar siswa mengalami peningkatan 17 34 sedangkan untuk ketuntasan klasikal jumlah siswa yang memperoleh nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal(70) adalah 60% pada siklus I dan 93 33% pada siklus II. Dengan demikian terjadi peningkatan sebesar 33 33% ketuntasan klasikal siswa. Keaktifan siswapun mengalami peningkatan siswa yang awalnya masih pasif belum dapat mengidentifikasi masalah dan mengembangkan ide serta masih malu malu dalam menyampaikan pendapat kini sudah aktif dan berfikir kreatif dalam mengidentifikasi masalah memecahkan maslah dan mengembangkan ide serta pendapat mereka. Hasil penelitian tersebut dapat menunjukan kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran Matematika Realistik dan Model Treefinger dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung pecahan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62770

Actions (login required)

View Item View Item