Penerapan model pembelajaran kooperatif TGT berorientasi pada PAKEM untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Jejangkit Muara 2 / Rahidatul Laila Agustina - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif TGT berorientasi pada PAKEM untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Jejangkit Muara 2 / Rahidatul Laila Agustina

Agustina, Rahidatul Laila (2014) Penerapan model pembelajaran kooperatif TGT berorientasi pada PAKEM untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Jejangkit Muara 2 / Rahidatul Laila Agustina. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Agustina Rahidatul Laila 2014 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif TGT Berorientasi pada PAKEM untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V SDN Jejangkit Muara 2. Tesis Jurusan Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Ruminiati M.Si. (2) Juhriyansyah Dalle S.Pd. S.Si. M.Kom. Ph.D. Kata Kunci Aktivitas Belajar Hasil Belajar Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games tournament PAKEM. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran dan rendahnya hasil belajar PKn pada SDN Jejangkit Muara 2. Usaha yang dapat dilakukan guru untuk menyelesaikan permasalahan ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Teams Games Torunament (TGT) berorientasi pada PAKEM. Model pembelajaran kooperatif TGT berorientasi pada PAKEM terdiri dari beberapa langkah pembelajaran yang merupakan gabungan dari sintaks TGT dan sintaks PAKEM adapun gabungan kedua sintaks di jabarkan sebagai berikut (1) penyajian kelas (2) interaksi (3) komunikasi (4) permainan (5) pertandingan (6) penghargaan serta (7) refleksi. 12288 12288 12288 12288 Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif (PTK Kolaboratif) yang terdiri dari 2 siklus. Prosedur penelitian berbentuk siklus dengan menggunakan model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan tahap pelaksanaan tindakan dan observasi serta tahap refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 14 siswa kelas V SDN Jejangkit Muara 2 semester genap tahun pelajaran 2013/2014 yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diketahui bahwa (1) penerapan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) berorientasi pada PAKEM oleh guru dan siswa dilaksanakan dengan baik melalui tahapan presentasi kelas tim game turnamen dan rekognisi tim meskipun terdapat beberapa masalah pada siklus I tetapi masalah ini segera diperbaiki pada siklus II sehingga proses pembelajaran bisa sesuai dengan yang diharapkan oleh peneliti. (2) adanya peningkatkan aktivitas siswa indikator yang tampak adalah aktivitas siswa selama belajar partisipatif siswa dalam belajar kreativitas siswa selama belajar efektivitas kegiatan pembelajaran dan kegembiraan siswa selama belajar. (3) Hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan baik secara individu maupun klasikal. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian disarankan (1) agar guru dapat mengelola waktu dengan cermat memberikan pemahaman dan penjelasan lebih detail kepada siswa tentang aturan permainan dalam turnamen pemberian penghargaan kelompok (team rewards) bisa dibuat secara bervariasi bukan hanya berupa hadiah (barang) tetapi bisa juga berupa sertifikat yang berguna bagi siswa sehingga siswa lebih termotivasi untuk menjadi kelompok terbaik. (2) Siswa dapat bekerjasama dengan kelompoknya hendaknya tidak malu menanyakan materi yang dianggap sulit kepada teman yang lainnya hendaknya siswa tidak segan membantu temannya yang berkemampuan kurang siswa agar lebih meningkatkan keaktifan di kelas seperti bertanya mengungkapkan pendapat dan maju di depan kelas. (3) Guru sebelum memulai pelajaran hendaknya mengingatkan kembali materi-materi pelajaran sebelumnya melalui pertanyaan-pertanyaan diperlukan persiapan yang cukup matang untuk melaksanakan pembelajaran kooperatif TGT berorientasi pada PAKEM sehingga guru harus mampu menentukan atau memilih topik yang benar-benar bisa diterapkan dengan pembelajaran kooperatif tipe TGT dalam proses belajar mengajar sehingga diperoleh hasil yang optimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62769

Actions (login required)

View Item View Item