Damianus, Depa Don (2014) Korelasi antara kecerdasan emosional dan lingkungan belajar dengan prestasi belajar IPA kelas VI SDK Ende 3 Kabupaten Ende / Depa Don Damianus. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Depa Don Damianus 2014. Korelasi Antara Kecerdasan Emosional dan Lingkungan Belajar dengan Prestasi Belajar IPA Kelas VI SDK Ende 3 Kabupaten Ende Tesis Jurusan Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof. Dr. I Nyoman S. Degeng M.Pd Pembimbing (II) Dr. Natsir B. Kotten M.Pd. Kata Kunci kecerdasan emosional lingkungan belajar prestasi belajar Sebagai institusi pendidikan sekolah berkewajiban menanamkan berbagai ilmu pengetahuan keterampilan dan sikap kepada peserta didik agar menghasilkan output yang handal dalam arti memiliki sumber daya manusia (SDM) yang siap dimanfaatkan baik untuk kebutuhan sendiri maupun kebutuhan orang lain atau masyarakat sekitarnya. Keberhasilan atau gagalnya anak dalam belajar di sekolah sangat ditentukan oleh dua faktor penting yang saling berkaitan yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Kecerdasan emosional termasuk bagian dari faktor intern sedangkan lingkungan belajar faktor eksternnya. Menanamkan hal-hal yang berhubungan dengan kecerdasan emosional sangat penting karena dengan mengetahui dan memahami pribadinya secara baik siswa dapat mengendalikan diri dalam mengambil keputusan-keputusan penting bagi hidupnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya korelasi atau hubungan antara kecerdasan emosional dan lingkungan belajar dengan prestasi belajar. Hipotesis dalam penelitian ini adalah (1) Ada korelasi yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar (2) Ada korelasi yang signifikan antara lingkungan belajar dengan prestasi belajar (3) Ada korelasi yang signifikan secara simultan antara kecerdasan emosional dan lingkungan belajar dengan prestasi belajar. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah penelitian eksplanasi (eksplanatory research) sampelnya siswa kelas VI SDK Ende 3 sebanyak 50 orang yang diambil secara random dari populasi 84 orang siswa teknik analisis korelasi regresi berganda dengan variable penelitiannya kecerdasan emosional (X1) lingkungan belajar (X2) dan prestasi belajar (Y) teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah (1) kecerdasan emosional berkorelasi secara signifikan dengan prestasi belajar (2) lingkungan belajar berkorelasi secara signifikan dengan prestasi belajar dan (3) kecerdasan emosional dan lingkungan belajar secara simultan berkorelasi secara signifikan dengan prestasi belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Oct 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62768 |
Actions (login required)
View Item |