Dewantara, Dede (2014) Penerapan pembelajaran problem based learning melalui pendekatan CTL untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA (studi pada siswa kelas V SDN Pengembangan 6 Banjarmasin) / Dede Dewantara. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Dewantara Dede. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Melalui Pendekatan CTL untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA (Studi pada Siswa Kelas V SDN Pengambangan 6 Banjarmasin). Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi Guru Kelas Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Anang Santoso M.Pd. (2) Drs. H. Rustam Effendi M.Pd Ph.D. Kata kunci Model Pembelajaran PBL Pendekatan CTL Aktivitas Hasil Belajar dan IPA 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran model PBL dipadukan dengan pendekatan CTL yang dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 3 (tiga) kali pertemuan atau 6 x 35 menit. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Pengambangan 6 yang berjumlah 20 orang. Data penelitian diperoleh dari hasil tes tertulis lembar observasi aktivitas siswa. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran model PBL yang dipadukan dengan pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar dan mendorong semangat siswa untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. siswa mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru melalui proses melihat mendengar diskusi dan kerja kelompok. Indikator keberhasilan yaitu dengan meningkatnya kesiapan siswa mengikuti pelajaran motivasi siswa meningkat aktif bertanya berusaha memecahkan masalah terjalinnya kerjasama yang baik penuh rasa percaya diri berani mengeluarkan pendapat dan bertanggung jawab. Aktivitas siswa dari siklus I sampai siklus II selalu menunjukkan peningkatan dengan indikasi semakin banyak siswa melakukan aktivitas seperti yang disebutkan pada indikator yang ditentukan.. Pada evaluasi siklus I sebanyak 60% atau 12 dari 20 siswa berhasil mendapatkan nilai sama atau diatas kriteria ketuntasan minimum dengan rentang nilai 70 s/d 100 dengan nilai rata-rata sebesar 69. Pada siklus II hasil belajar mencapai 85% atau 17 dari 20 siswa berhasil memperoleh nilai 70 s/d 100 dengan nilai rata-rata sebesar 82. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan data di atas maka disimpulkan bahwa penerapan model PBL melalui pendekatan CTL di kelas V SDN Pengambangan 6 mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA. Disarankan untuk diadakannya penelitian lanjutan dengan langkah-langkah (1) memberikan petunjuk permasalahan yang dihadapi secara jelas (2) menanamkan keterampilan sosial dalam kegiatan pembelajaran sehingga aktivitas siswa dapat meningkat (3) meningkatkan efektivitas kerjasama dalam rangka membantu pemahaman siswa terhadap materi pengajaran sehingga diperoleh hasil belajar maksimal (4) Guru-guru di Sekolah Dasar hendaknya mencoba menerapkan model pembelajaran PBL melalui pendekatan CTL (5) Peneliti lain hendaknya memanfaatkan hasil penelitian ini sebagai bahan informasi ilmiah tentang model pembelajaran PBL melalui pendekatan CTL
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Oct 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62767 |
Actions (login required)
View Item |