Utami, Ririen (2014) Penerapan gabungan model STAD dengan NHT untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Anjir Pasar Kota 2 / Ririen Utami. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Utami Ririen 2014 Penerapan Gabungan Model STAD dengan NHT untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Anjir Pasar Kota 2. Tesis Jurusan Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Ruminiati M.Si. (2) Juhriyansyah Dalle S.Pd. S.Si. M.Kom. Ph.D. Kata Kunci Aktivitas Belajar Hasil Belajar STAD NHT 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran dan rendahnya hasil belajar IPS pada SDN Anjir Pasar Kota 2 yang disebabkan oleh tidak adanya aktivitas kelompok kuis maupun kegiatan yang membuat siswa tertarik tertantang dan lebih bersemangat dalam belajar. Terkait dengan kelemahan itu maka perlu dikembangkan model yang terkait dengan hal itu yaitu dengan menerapkan gabungan model pembelajaran kooperatif Student Team Achievment Divisions (STAD) dengan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). 12288 12288 12288 12288 Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus. Prosedur penelitian berbentuk siklus dengan menggunakan model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan tahap pelaksanaan tindakan dan observasi serta tahap refleksi. Tahapan pelaksanaan proses analisis sintak gabungan model STAD dengan NHT meliputi pretest untuk mengetahui skor awal pembentukan kelompok heterogen pemberian tugas kelompok berdasarkan nomor diskusi kelompok presentasi pemanggilan nomor kuis individu dan evaluasi. Subjek dalam penelitian ini adalah 12 siswa kelas V SDN Anjir Pasar Kota 2 semester genap tahun pelajaran 2013/2014 yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 2 siswa perempuan. 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diketahui bahwa (1) penerapan gabungan model STAD dengan NHT oleh guru dan siswa dilaksanakan dengan baik melalui tahapan presentasi kelas tim game rekognisi tim meskipun terdapat beberapa masalah pada siklus I tetapi masalah ini segera diperbaiki pada siklus II sehingga proses pembelajaran bisa sesuai dengan yang diharapkan oleh peneliti. (2) adanya peningkatkan aktivitas siswa hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa dari 45% pada siklus I meningkat menjadi 92%. (3) Hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan baik secara individu maupun klasikal. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari 33% pada siklus I menjadi 95% pada siklus II. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan gabungan model STAD dengan NHT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS. Berdasarkan hasil penelitian diajukan saran sebagai berikut (1) Guru hendaknya dapat mengelola waktu dengan cermat memberikan pemahaman dan penjelasan lebih detail kepada siswa tentang aturan pembelajaran dengan nomor dan kuis (2) siswa hendaknya tidak malu menanyakan materi yang dianggap sulit kepada teman yang lainnya siswa hendaknya lebih meningkatkan keaktifan di kelas seperti bertanya hendaknya siswa tidak segan membantu temannya lebih berani mengungkapkan pendapat dan maju di depan kelas. (3) Hasil belajar yang telah dicapai siswa sebaiknya dipertahankan dan semakin ditingkatkan untuk SKM yang dinaikkan semula 70 menjadi 75 untuk mata pelajaran IPS. Kesulitan yang dihadapi dalam penerapan gabungan kedua model ini harus diperkecil menyediakan fasilitas belajar lainnya untuk membuat peta konsep yang indah beragam dan menarik tentunya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Oct 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62766 |
Actions (login required)
View Item |