Ngatini (2014) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dipadu model Talking Stick untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VI SDN Pekauman 1 Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan / Ngatini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Ngatini 2014 . Model Pembelajaran kooperatif Tipe STAD dipadu model talking Stick untuk meningkatkan hasil Belajar Matematika pada siswa kelas VI SDN Pekauman 1 Kota Banjarmasin . Tesis Program Studi Pendidikan Dasar guru kelas Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing IProf. Hj. Utami Widiati MA Ph.D II. Prof.Dr. Sutarto Hadi M.Sc M.Si Kata kunci STAD Talking Stick Hasil Belajar Matematika. 12288 12288 12288 Berdasarkan pengamatan pada waktu pembelajaran Matematika kelas VI di SDN Pekauman 1 Kota Banjarmasin diketahui bahwa guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional dan siswa hanya mendengarkan penjelasan guru tentang materi pelajaran yang diajarkan.Kemudian siswa disuruh mengerjakan latihan latihan soal guru mengalami masalah yaitu hasil belajar siswa yang rendah diketahui 61 53 % dari 32 siswa mendapat nilai di bawah KKM yaitu 65 sedangkan hanya 38 46 % yaitu 10 siswa mendapatkan nilai di atas KKM yaitu 65. Diperlukan suatu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dipadu dengan model Talking Stick. Penelitan ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model STAD dipadu model Talking Stick sehingga dapatmeningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas VI. 12288 12288 12288 Pendekatan penelitian yang digunakan termasuk jenis penelitian kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas.Peneliti sebagai partisipan penuh dengan dibantu guru kelas VI sebagai observer. Penelitian ini dilakukan di SDN Pekauman 1 kota Banjarmasin dengan subyek Penelitian siswa kelas VI semester ganjil tahun 2014 / 2015 yang berjumlah 32 orang terdiri dari 17 laki laki dan 15 orang perempuan. Cara pengumpulan data menggunakan obsevasi tes dan wawancara. 12288 12288 12288 Hasil penelitian penerapan model kooperatif tipe STAD dipadu talking Stick yaitu (1) hasil observasi keterlaksanaan model pembelajaran oleh guru termasuk kategori baik pada siklus I diperoleh 84 13% dan siklus II diperoleh 97 00 % mengalami peningkatan 12 87 %. Hasil observasi penerapan model pembelajaran oleh siswa termasuk kategori baik dari siklus pertama 75% dan siklus II 93 99% mengalami peningkatan 18 99%. (2) Meningkatnya hasil belajar siswa dari siklus I 46 67% dan siklus II96 67% mengalami peningkatan 50 00 %. Hasil tersebut dapat dicapai dengan menggunakan langkah langkah pembelajaran sebagai berikut 1) Presentasi kelas 2) Kerja kelompok 3) Kuis individu dipadu talking stick 4) kemajuan Skor individual 5) Penghargaan kelompok. 12288 12288 12288 Saran yang diberikan adalah 1) model Pembelajaran model kooperatif model STAD cocok untuk penanaman konsep namun hendaknya dimodifikasi dengan model yang lain 2)Hendaknya guru lebih kreatif dan inovatif mampu memahami karakteristik siswasehingga kesulitan belajar siswa dapat diatasi 3) Kepala sekolah hendaknya dapat mendorong guru untuk dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif karena dapat memacu siswa untuk saling memotivasi siswa dalam belajar 4) Bagi Dinas Pendidikan hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan dalam pembinaan peningkatan mutu sekolah dan peningkatan profesionalisme guru dengan penerapan model pembelajaran yang efektif dan inovatif 5) Bagi peneliti berikutnya hasil penelitian hendaknya dapat dijadikan untuk referensi melakukan penelitian yang lainnya di waktu yang akan datang dengan mengembangkan aspek aspek hasil belajar yang lainya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Sep 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62763 |
Actions (login required)
View Item |