Pengaruh motivasi dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA SDN se-kecamatan Banjarmasin Tengah / Marsuni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh motivasi dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA SDN se-kecamatan Banjarmasin Tengah / Marsuni

Marsuni (2014) Pengaruh motivasi dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA SDN se-kecamatan Banjarmasin Tengah / Marsuni. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Marsuni 2014. Pengaruh Motivasi dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPA SDN Se-Kecamatan Banjarmasin Tengah. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sudarmiatin M.Si. (II) Drs. Ahmad Suriansyah M.Pd. Ph.D. Kata kunci Motivasi Kebiasan Belajar Hasil Belajar Keberhasilan belajar tidak hanya bergantung pada kecemerlangan otak. Banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar siswa. Hasil belajar dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal di antaranya yakni motivasi dan kebiasaan belajar. Tinggi rendahnya motivasi dan baik buruknya kebiasaan belajar selalu dijadikan indikator keberhasilan penguasaan siswa terhadap mata pelajaran IPA siswa kelas V SDN Se-Kecamatan Banjarmasin Tengah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui besar pengaruh 1) motivasi terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA 2) kebiasaan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA 3) motivasi dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif dengan variabel independen terdiri dari motivasi (X1) dan kebiasaan belajar (X2). Sedangkan variabel dependen adalah hasil belajar (Y). Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas V SDN Se-Kecamatan Banjarmasin Tengah. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V pada 26 SDN dengan sampel sebanyak 146 responden (siswa). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket sebagai data primer dengan skala Likert 5 opsi jawaban dan data sekunder berupa hasil belajar mata pelajaran IPA. Analisis data yang digunakan adalah menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear ganda yang terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas. Sedangkan untuk menguji kelayakan regresi dilakukan asumsi klasik dan keseluruhan analisis ini menggunakan bantuan program SPSS 19.0 Berdasarkan hasil pengolahan data ini dapat disimpulkan hasil penelitian menunjukkan motivasi dan kebiasaan belajar mempunyai pengaruh yang tinggi terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA SDN Se-Kecamatan Banjarmasin Tengah yakni (1) pengaruh motivasi terhadap hasil belajar (9 9%) (2) pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar (17 6%) dan (3) pengaruh motivasi dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar (10 6%). Berdasarkan hasil penelitian di atas maka disarankan kepada guru untuk dapat membantu siswa dalam meningkatkan motivasi dan kebiasaan belajar bagi siswa diharapkan dapat meningkatkan lagi motivasi dan kebiasaan belajar yang baik. Peran dari orang tua untuk selalu mengontrol dan bertanya tentang perkembangan pelajaran anaknya disekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62756

Actions (login required)

View Item View Item