Pengembangan instrumen penilaian membaca menulis permulaan kelas II sekolah dasar / Mahardika Darmawan Kusuma Wardana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan instrumen penilaian membaca menulis permulaan kelas II sekolah dasar / Mahardika Darmawan Kusuma Wardana

Wardana, Mahardika Darmawan Kusuma (2014) Pengembangan instrumen penilaian membaca menulis permulaan kelas II sekolah dasar / Mahardika Darmawan Kusuma Wardana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wardana Mahardika Darmawan Kusuma. 2014. Pengembangan Instruumen Penilaian Membaca dan Menulis Permulaan Kelas II SD. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Endah Tri Priyatni M.Pd (II) Dr. Alif Mudiono M.Pd. Kata kunci instrumen penilaian membaca permulaan menulis permulaan Penggunaan kurikulum 2013 khususnya mata pelajaran Bahasa Indonesia pada bidang membaca dan menulis permulaan di kelas II yang akan mulai diterapkan di SDN Kalirejo 02 dan mulai diterapkan di beberapa sekolah dasar lain membuat guru harus lebih sigap untuk menyongsongnya. Kurikulum 2013 menekankan kepada tiga aspek yaitu sikap pengetahuan dan keterampilan. Hal ini menuntut guru memiliki instrumen penilaian yang mampu menilai ketiga aspek tersebut secara baik. Saat ini masih belum ada penilaian yang dapat digunakan untuk menilai ketiga aspek tersebut sehingga perlu diadakan penelitian pengmbangan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan instrumen penilaian sikap pengetahuan dan keterampilan untuk membaca dan menulis permulaan yang memiliki validitas konstruk dan isi reliabilitas dan kepraktisan. Produk yang dikembangkan antara lain penilaian sikap dan penilaian diri untuk aspek sikap penilaian tertulis untuk aspek pengetahuan dan penilaian portofolio penilaian unjuk kerja dan penilaian produk untuk aspek keterampilan. Pengembangan instrumen penilaian ini menggunakan model pengembangan O Malley dan Pierce. Langkah-langkah model pengembangan ini ada delapan yaitu membangun sebuah tim menentukan tujuan dari asessmen autentik spesifikasi produk melakukan pengembangan profesional pada penilaian otentik mengkaji penelitian terdahulu mengenai asessmen autentik mengadaptasi asesmen yang ada atau mengembangkan yang baru uji coba asessmen revisi asesmen. Setelah prototype produk selesai dikembangkan dilakukan uji validasi ahli dan uji coba lapangan. Berdasarkan uji ahli yang dilakukan produk yang dikembangkan memperoleh kriteria cukup valid. Sedangkan berdasarkan uji kepraktisan yang dilakukan produk yang dikembangkan memperoleh kriteria cukup praktis. Lalu berdasarkan uji reliabilitas produk yang dikembangkan memperoleh KK 0 75 untuk instrumen penilaian sikap KK 0 66 untuk instrumen penilaian diri KK 0 5 untuk instrumen portofolio KK 0 5 untuk instrumen unjuk kerja dan KK 0 5 untuk instrumen penilaian produk. Produk instrumen penilaian membaca dan menulis permulaan yang telah dikembangkan dapat digunakan secara luas mengingat instrumen ini telah diuji reliabilitasnya. Pengimplemantisian produk perlu dilakukan penyesuaian agar dapat digunakan secara baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62753

Actions (login required)

View Item View Item