Jannah, Fathul (2014) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dipadu inkuiri untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA (studi pada siswa kelas V SDN 2 Telang Kabupaten Hulu Sungai Tengah) / Fathul Jannah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Jannah Fathul. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dipadu Inkuiri untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA (Studi pada Siswa Kelas V SDN 2 Telang Kabupaten Hulu Sungai Tengah). Tesis. Jurusan Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Wahjoedi M.Pd M.E (II) Dr. Hj. Mahrita. Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Inkuiri Aktivitas dan Hasil Belajar. 12288 12288 12288 Dari hasil pengamatan terlihat bahwa proses pembelajaran yang dilaksanakan selama ini kurang efektif. Proses pembelajaran terpaku pada pembelajaran konvensional yaitu dengan metode ceramah sehingga siswa kurang antusias mengikuti pelajaran siswa cepat merasa bosan dan cenderung pasif dalam belajar. Pembelajarannyapun lebih menekankan pada penguasaan fakta dan konsep yang sudah ada sehingga siswa mudah lupa dengan materi yang telah dipelajarinya. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD ini melatih siswa dalam menjalin kerjasama sehingga dalam penguasaan materi pelajaran memperoleh pemahaman yang sama. Dan dengan inkuiri siswa akan terlibat secara langsung dalam pembelajaran. 12288 12288 12288 Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilakukan sebagai suatu proses pemecahan masalah yang sedang dihadapi di kelas tersebut. Penelitian ini dilakukan dalam 2 sikus 1 siklus terdiri dari 4x pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Telang tahun pelajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa 19 orang. 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dipadu Inkuiri dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA. Dilihat dari hasil observasi siswa aktivitas siswa dalam belajar mengalami peningkatan jika dilihat dari observasi guru aktivitas guru dalam mengajar juga sudah sangat baik dan jika dilihat dari hasil belajar hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. 12288 12288 12288 Dari hasil penelitian ini dalam proses pembelajaran guru diharapkan dapat menggunakan model pembelajaran namun tentunya guru harus memilih model yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan. Hasil belajar yang telah dicapai oleh siswa sebaiknya dipertahankan atau bahkan mungkin ditingkatkan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Sep 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62752 |
Actions (login required)
View Item |