Hastuti, Dina (2014) Penerapan metode simulasi dengan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa / Dina Hastuti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Hastuti Dina. 2014. Penerapan Metode Simulasi Dengan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa. Tesis. Jurusan Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Wahjoedi M. Pd M.E (II) Dr. Hj. Mahrita Kata Kunci Metode simulasi media gambar hasil belajar dan aktivitas siswa Pembelajaran PKn selama ini lebih banyak berlangsung dengan pendekatan konvensional dan cenderung monoton. Selama ini pembelajaran guru lebih banyak aktif dan meminta siswa untuk menjawab soal yang dilakukan secara membosankan. . Siswa menjadi pasif di dalam kelas kemudian mengerjakan atau menjawab soal. Sehingga perlu adanya langkah variatif dalam pembelajaran termasuk menerapkan metode simulasi. Penggunaan metode simulasi dalam proses pembelajaran sesuai dengan kecenderungan pembelajaran modern yang menuju kepada pembelajaran peserta didik yang bersifat individu dan kelompok kecil heuristik (mencari sendiri perolehan) dan aktif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian nya adalah siswa kelas V SDN Gambut 2 tahun pelajaran 2013/2014. Jumlah siswanya adalah 23 orang. Jenis data dalam penelitian ini ada dua 2 yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berkaitan hasil belajar siswa prosentasi aktivitas siswa dan data aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran. Sedangkan data kualitatif digunakan untuk menjelaskan catatan guru dan hasil observasi. Hasil penelitian menunjukkan 1) Hasil belajar pada pertemuan pertama dirasa masih kurang karena belum mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan di mana ketuntasan individu hanya 7 orang atau 30.43%. Sedangkan pada pertemuan kedua mengalami kenaikan di mana ketuntasan individu sebanyak 12 orang atau 52.17% secara klasikal. Peningkatan hasil belajar ini juga terjadi pada pertemuan I siklus II yang mencapai 69.56% atau 16 orang siswa dari 23 siswa. Selanjutnya pada pertemuan kedua siklus kedua berhasil tuntas dengan ketuntasan klasikal 100%. 2) Keaktifan siswa dalam berkelompok masih tidak aktif karena nilai rata-rata seluruh kelompok adalah 1. 78. pada pertemuan I siklus I. Sedangkan pertemuan kedua siklus pertama keaktifan siswa dalam berkelompok masih kurang aktif karena nilai rata-rata seluruh kelompok adalah 2 13 dimana terjadi peningkatan yang cukup signifikan. Selanjutnya pertemuan pertama siklus II keaktifan siswa dalam berkelompok masih cukup aktif karena nilai rata-rata seluruh kelompok adalah 2 86 dimana terjadi peningkatan yang signifikan. Kemudian keaktifan siswa dalam berkelompok aktif karena nilai rata-rata seluruh kelompok adalah 4.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Sep 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62751 |
Actions (login required)
View Item |