Problematika pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SDN Dinoyo 01 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang / Alif Via Pradana - Repositori Universitas Negeri Malang

Problematika pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SDN Dinoyo 01 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang / Alif Via Pradana

Pradana, Alif Via (2016) Problematika pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SDN Dinoyo 01 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang / Alif Via Pradana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pradana Alif Via. 2016. ProblematikaPembelajaranTematikTerpaduKelasIVSDN Dinoyo 01KecamatanLowokwaru KotaMalang.Skripsi JurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolah FakultasIlmuPendidikan UniversitasNegeri Malang.Pembimbing (I) Drs. Rumidjan M.Pd (II)Dr. I Made Suardana S.Pd. M.Pd. Kata kunci problematikapembelajaran pembelajarantematikterpadu kelas IV Penelitiantentangproblematikapembelajarantematikterpaduinidilakukanmenyikapipelaksanaanpembelajarantematikterpadudi lapangan masihbanyak guru yang mengalamipermasalahandalampembelajarantematikterpadu mulaidariperencanaan pelaksanaan danpenilaian. Tujuanpadapenelitianiniyaituuntukmemaparkanpermasalahan yang dialamioleh guru kelas IV SDN Dinoyo 01 Kota Malang padasaatmerencanakan melaksanakan danmelakukanpenilaianpembelajarantematikterpadu. Penelitianinimenggunakanpendekatandeskriptifkualitatifstudikasus.Subjekpenelitianiniyaitu guru kelas IV SDN Dinoyo 01 Kota Malang.Teknikpengambilan data padapenelitianinidenganmelakukanobservasi wawancara dandokumentasi. Hasilpenelitianiniditemukanbeberapafaktabahwa guru kelas IV SDN Dinoyo 01 Kota Malang tahunajaran 2015/2016 mengalamipermasalahandalamperencanaanpembelajarantematikterpadu yaitu (1) guru tidakmengembangkansilabusdaripemerintah (2) guru kesulitanmerumuskanindikator yang sesuaidengankompetensidasar (3) guru hanyamerumuskansatuindikatoruntuksetiapkompetensidasar (4) guru kesulitandalammerumuskanindikatordengan kata kerjaoperasional. Padapelaksanaanpembelajarantematikterpaduditemukanbeberapafakta yaitu (1) media yang digunakandilakukansecaraterpisahuntuksatumuatanmatapelajarandan minim variasai (2) guru belummelibatkansiswadalampenggunaan media (3) guru belummengembangkanpembelajaransesuailingkungandankehidupansehari-harisiswa (4) guru belummemberikanpengalamanlangsungterhadapsiswatentangmateri yang sedangdipelajari. Padapenilaianpembelajarantematikterpaduditemukanbeberapafakta yaitu (1) guru mengalamipermasalahandalammenyajikanpedomanpenskoranuntukpenilaianunjukkerja dan (2) penilaianprodukmengalamipermasalahandalammenggunakankriteriapenilaian yang jelasdanterukur. Berdasarkanhasiltemuanpenelitiantersebut disarankanguru hendaknya melaksanakanpembelajaran dengan berpedoman pada Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014. Pembelajaran hendaknya dilaksanakan dengan menerapkan pembelajarantematikterpadu secara optimal agar kompetensi siswa pada aspek sikap pengetahuan dan keterampilan dapat berkembang. Materi yang diajarkanhendaknyadikembangkansesuaidenganlingkungantempatsiswaberada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6275

Actions (login required)

View Item View Item