Huda, Nurul (2014) Penerapan model pembelajaran Make A Match berbantuan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar tentang perubahan bentuk energi dan penggunaannya siswa kelas IV SDN Lokpaikat 1 Kabupaten Tapin / Nurul Huda. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Nurul Huda. 2014 Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar tentang Perubahan Bentuk Energi dan Penggunaannya Siswa Kelas IV SDN Lokpaikat 1 Kabupaten Tapin . Tesis Jurusan Pendidikan Dasar. Program S-2 Dikdas. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing I Ibu Prof. Dr. Utami Widiati MA Ph.D dan dosen pembimbing II Bapak Prof. Dr. Sutarto Hadi M Si M.Sc Kata-kata kunci Hasil belajar Make-A Match dan Media Gambar 12288 12288 12288 12288 Permasalahan yang ada adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam menguasai mata pelajaran IPA materi Perubahan Bentuk Energi dan Penggunaannya di kelas IV SDN Lokpaikat 1 Kecamatan Lokpaikat Kabupaten Tapin. Hal ini disebabkan salah satu faktornya adalah siswa pasif dan kurang mandiri serta masih adanya aktivitas guru saat mengajar yang sangat dominan yaitu yang hanya dengan metode ceramah dan jarangnya penggunaan media dan model pembelajaran sehingga siswa pasif dan hanya mendengarkan atau memperhatikan penjelasan dari guru saja. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar aktivitas siswa dan guru dengan menggunakan pembelajaran model Make-a match berbantuan media gambar yang melibatkan siswa dalam belajar dengan bermain yang lebih bermakna. 12288 12288 12288 12288 Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini diskenario dengan tindakan sebanyak 2 siklus dengan tiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Setting penelitian di kelas IV SDN Lokpaikat 1 Kecamtan Lokpaikat dengan jumlah siswa 16 orang 6 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan. Faktor yang diteliti adalah hasil belajar aktivitas siswa. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat dengan dilaksanakannya pembelajaran model mencari pasangan (Make a match). Tindakan siklus I hasil tes akhir siklus mencapai ketuntasan 75%. Aktivitas siwa 65% meningkat menjadi 82%. Selanjutnya pada tindakan siklus II hasil belajar siswa yang tuntas secara klasikal mencapai 100% tuntas. Aktivitas siswa adalah 90% menjadi 97.5% dinyatakan tuntas berdasarkan indikator keberhasilan nilai individual KKM 70 dan klasikal 80% mecapai nilai 70 dari jumlah siswa kelas IV SDN Lokpaikat 1 Kecamtan Lokpaikat. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian tersebut adanya peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa dengan menerapkan model pembelajaran make a match berbantuan media gambar dengan langkah-langkah menyiapkan media gambar dan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi review setiap siswa mendapat satu buah kartu tiap siswa memikirkan jawaban/soal dari kartu yang dipegang setiap siswa mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya (soal/jawaban) setiap siswa yang dapat mencocokkan hasilnya sebelum batas waktu diberi point setelah satu babak kartu dikocok lagi agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya demikian dan kesimpulan/penutup
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Aug 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62749 |
Actions (login required)
View Item |