Meningkatkan hasil dan aktivitas belajar PKn melalui model bermain peran (role play) dengan bantuan media visual (studi pada siswa kelas V di SDN Kampung Baru Kecamatan Beruntung Baru Kabupaten Banjar) / Abdul Jabar Hapip - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan hasil dan aktivitas belajar PKn melalui model bermain peran (role play) dengan bantuan media visual (studi pada siswa kelas V di SDN Kampung Baru Kecamatan Beruntung Baru Kabupaten Banjar) / Abdul Jabar Hapip

Hapip, Abdul Jabar (2014) Meningkatkan hasil dan aktivitas belajar PKn melalui model bermain peran (role play) dengan bantuan media visual (studi pada siswa kelas V di SDN Kampung Baru Kecamatan Beruntung Baru Kabupaten Banjar) / Abdul Jabar Hapip. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hapip Abdul Jabar. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar PKn Melalui Model Bermain Peran (Role Play) Dengan Bantuan Media Visual (Studi Pada Siswa Kelas V Di SDN Kampung Baru Kecamatan Beruntung Baru Kabupaten Banjar). Tesis. Jurusan Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Nyoman S. Degeng M. Pd (II) Dr. H. Karyono Ibnu Ahmad M. Pd Keywords Bermain Peran Media Visual Prestasi Belajar Fakta menunjukkan bahwa pembelajaran PKn selama ini lebih banyak berlangsung dengan pendekatan konvensional. Selama ini ada kesulitan dalam mengaktifkan siswa untuk terlibat langsung dalam proses penggalian dan penelaahan bahan pelajaran. Model bermain peran dapat membantu perkembangan sosial anak. Permainan memperluas interaksi sosial dan mengembangkan keterampilan sosial yaitu belajar bagaimana berbagi hidup bersama mengambil peran belajar hidup dalam masyarakat secara umum. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kampung Baru tahun pelajaran 2013/2014. Adapun jumlah murid kelas V di Kampung Baru 15 orang siswa. Jenis data dalam penelitian ini ada dua 2 yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berkaitan hasil belajar siswa prosentasi aktivitas siswa dan data aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran. Sedangkan data kualitatif digunakan untuk berupa catatan guru hasil observasi. Langkah pelaksanaan model bermain peran yang dilakukan adalah a) Guru menyiapkan skenario pembelajaran b) Guru Menunjuk beberapa murid untuk mempelajari skenario c) Guru membentuk kelompok murid d) Guru menyampaikan kompetensi pelajaran e) Guru Menunjuk murid untuk memainkan peran yang telah dipelajari f) Kelompok murid membahas peran yang dilakukan oleh pelakon g) Presentasi hasil kelompok h) Bimbingan penyimpulan dan refleksi i) Guru memberikan penegasan terhadap hasil diskusi dan presentasi siswa. 12288 12288 12288 12288 Hasil Penelitian menunjukkan 1) Hasil belajar pada pertemuan pertama dirasa masih kurang karena belum mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan di mana ketuntasan individu hanya 3 orang atau 20%. Sedangkan pada pertemuan kedua mengalami kenaikan di mana ketuntasan individu sebanyak 7 orang atau 46.66% secara klasikal. Peningkatan hasil belajar ini juga terjadi pada pertemuan I siklus II yang mencapai 66.66% dan pada pertemuan kedua siklus kedua berhasil tuntas dengan ketuntasan klasikal 100%. 2) Keaktifan siswa dalam berkelompok pertemuan pertama siklus kurang aktif karena nilai rata-rata seluruh kelompok adalah 2 33. Sedangkan pertemuan kedua siklus pertama Dilihat dari data mengalami sedikit peningkatan dengan keaktifan siswa dalam berkelompok kurang aktif karena nilai rata-rata seluruh kelompok adalah 2.66. Selanjutnya pertemuan pertama siklus II keaktifan siswa dalam berkelompok cukup aktif bahkan cenderung aktif karena nilai rata-rata seluruh kelompok adalah 3.73. Kemudian keaktifan siswa dalam berkelompok aktif karena nilai rata-rata seluruh kelompok adalah 4.26.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62747

Actions (login required)

View Item View Item