Ulum, Bahrul (2014) Peningkatan keterampilan proses dan prestasi belajar pada pembelajaran IPA melalui model pembelajaran siklus belajar 5E (5E learning cycle) / Bahrul Ulum. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Ulum Bahrul. 2014.Peningkatan Keterampilan Proses dan PrestasiBelajarPada Pembelajaran IPAMelalui ModelPemebelajaran Siklus Belajar 5E. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi Guru Kelas Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. SupriyonoKoesHandayanto M.A. M.Pd. (II) Prof. Dr. H. PunajiSetyosari M.Ed. M.Pd. Kata Kunci keterampilan proses prestasibelajar pembelajaran IPA Siklus Belajar 5E Perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang pesat dan berdampak pada kebutuhan dan tuntutan kehidupan sehingga menuntut perubahan pada sistem pendidikan dan pola-pola pembelajaran. Pembelajaran yang dilaksanakan disekolah sebagian besar masih didominasi dan terpusat pada sosok guru. Hal ini menyebabkan pembelajaran yang sedang berlangsung membuat siswa kesulitan mengembangkan sikap ilmiah yang berupa keterampilan proses dan kebingungan memahami konsep siswa kurang kreatif menemukan dan membangun konsep secara mandiri.Penggunaan modelpembelajarankonvensionalberakibatpadalemahnyapemahamankonsepdansikap ilmiahdalampembelajaran IPA.Paradigma konstruktivisme menjadi alternatif sistem dan model pembelajaran untuk mengkonstruksi konsepsi ilmiah melalui proses internalisai dan ekuilibrasi skema pengetahuan dan pengalam baru.Bertolak dari keadaan itu maka dalam penelitian ini mencoba untuk menggunakan model pembelajaran Siklus Belajar 5E dalam pembelajaran IPA.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana penerapan pembelajaran model Siklus Belajar 5Edapat meningkatkan keterampilan proses dan prestasi belajar siswa kelas IV Teratai SDN Gempol III kecamatan Gempol kabupaten Pasuruan dan (2) bagaimana peningkatan keterampilan proses dan prestasi belajar siswa kelas IV Teratai SDN Gempol III kecamatan Gempol kabupaten Pasuruan melalui penerapan pembelajaran model Siklus Belajar 5E. Rancangan yang digunakandalampenelitianinimenggunakanpenelitiantindakankelas (PTK) yang terdiridari perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus delapan kali pertemuan. Subjek penelitiannya adalah siswa siswa kelas IV Teratai SDN Gempol III Gempol Pasuruan. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi LKS pedoman wawancara dan lembar tes. Hasilpenelitianmenunjukkan bahwa peningkatanketerampilan proses danprestasibelajarpadapembelajaran IPA melaluipembelajaran model siklusbelajar 5E dimana penggunaan model tersebut meningkatkan persentase keterampilan proses pada siklus I 61 76% menjadi 86 48% siklus II danprestasi belajar siswa juga meningkat dari 77 78% di siklus I dan siklus IImenjadi 86 11% siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimum (75) dalam mempelajari materi pokok wujud dan sifat-sifat benda. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaranSiklusBelajar 5E dapatmeningkatkanketerampilan proses danprestasibelajarsiswapadapembelajaran IPA.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Aug 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62742 |
Actions (login required)
View Item |