Aje, Ariswan Usman (2014) Model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan Team Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar matematika siswa kelas V SD / Ariswan Usman Aje. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Usman Aje Ariswan. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division dan Team Game Tournament untuk Meningkatkan Partisipasi dan Hasil Belajar Matematika. Studi pada Siswa Kelas V SDN Ippi Ende Kecamatan Ende Selatan Kabupaten Ende. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Hj Utami Widiati M.A. Ph.D (II) Dr. Edy Bambang Irawan M.Pd Kata Kunci kooperatif student team achievement division team game tournament partisipasi hasil belajar 12288 12288 12288 12288 12288 Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit. Banyak siswa yang tidak lulus hanya karena nilai mata pelajaran matematikanya tidak memenuhi kriteria. Matematika menjadi semakin sulit karena banyak juga sekolah-sekolah yang masih menerapkan model pembelajaran konvensional. Hal ini juga terjadi pada sekolah dimana peneliti melakukan penelitian ini. Pelaksanaan pembelajaran di kelas menggunakan model yang sama hal ini menyebabkan Hasil belajar matematika masih jauh dari Kriteria yang ditetapkan. Kurangnya variasi model pembelajaran yang disampaikan dikelas dianggap peneliti sebagai dampak rendahnya hasil belajar matematika. Melalui penelitian ini peneliti akan menerapkan dua model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan TGT yang dikombinasikan. 12288 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Recearch) dengan tujuan untuk menerapkan model pembelajaran Kooperatif kombinasi tipe STAD dan TGT untuk meningkatkan partisipasi dan Hasil belajar matematika. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Ippi Kecamatan Ende Selatan Kabupaten Ende dengan siswa yang menjadi subyek penelitian adalah siswa Kelas VA. Penelitian ini terbatas pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan semester genap tahun ajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data hasil observasi dan tes hasil belajar. Proses penelitian dilaksanakan selama dua siklus yang masing-masing siklus dilakukan sebanyak tiga kali pertemuan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Penerapan pembelajaran kooperatif kombinasi tipe STAD dan TGT dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VA. Untuk rata-rata partisipasi belajar siswa dari siklus I sebesar 62 5% meningkat pada siklus II menjadi 84 37% persentasi peningkatan sebesar 21 87%. Sementara untuk hasil belajar siswa melalui tes hasil belajar yang diberikan pada siklus I hanya 8 siswa yang tuntas dari 22 siswa atau setara dengan 36 36% dari keseluruhan meningkat menjadi 100% pada siklus yang kedua. Persentasi peningkatan sebesar 63 64%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Aug 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62741 |
Actions (login required)
View Item |