Pengembangan media flash card aksara Jawa dalam pembelajaran membaca aksara Jawa siswa kelas III SDN Sentonorejo Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto / Winy Walida - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media flash card aksara Jawa dalam pembelajaran membaca aksara Jawa siswa kelas III SDN Sentonorejo Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto / Winy Walida

Walida, Winy (2016) Pengembangan media flash card aksara Jawa dalam pembelajaran membaca aksara Jawa siswa kelas III SDN Sentonorejo Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto / Winy Walida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Walida Winy. 2016.Pengembangan Media Flash Card Aksara Jawa dalam Pem-belajaran Membaca Aksara Jawa Siswa Kelas III SDN Sentonorejo Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I)Drs. Achmad Badawi S.Pd. M.Pd. (II) Prof. Dr. Hj. Ruminiati M.Si. Kata Kunci Pengembangan mediaflash card bahasa Jawa aksara Jawa Berdasarkan hasil wawancara diperoleh data bahwa penggunaan media un-tuk pelajaran Bahasa Jawa materi aksara Jawa dan sandhangan swara pada kuri-kulum KTSP 2006 sangat terbatas. Oleh karena itu dalam pembelajaran diperlukan media yang praktis efisien menarik dan efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa. Terkait dengan hal tersebut tujuan penelitian dan pengembangan ini yakni untuk menghasilkan produk media pembelajaran Flash Card Aksara Jawapada materi membaca aksara Jawa untuk kelas III SD semester 2 yang valid menurut ahli media ahli materi dan dapat diterapkan serta menghasilkan produk media pembelajaran Flash Card Aksara Jawa yangefektif dan efisien sehingga dapat mencapai tujuan dalam pembelajaran bahasa Jawa pada materi aksara Jawa. Media flash card aksara Jawaadalah kartu yang berisi aksara carakan dan gambar yang berkaitan dengan salah satu aksara carakan. Pemilihan media pembe-lajaran harus ditentukan oleh tujuan pembelajaran yang dicapai dan karakteristik siswa. Siswa kelas III dalam teori Piaget termasuk dalam tahap operasional konk-ret maka dalam pembuatan media haruslah bersifat menyenangkan cocok untuk memotivasi belajar siswa. Prosedur penelitian dan pengembangan ini memakai prosedur Borg dan Gall (dalam Sukmadinata 2015 169-170) yang telah dimodifikasi menjadi delapan langkah. Berikut prosedur yang dilalui peneliti (1) penelitian awal dan pen-gumpulan data (2) perencanaan (3) pengembangan draf produk (4) validasi ahli (5) revisi awal produk (6) uji coba lapangan (7) revisi akhir produk (8) produk akhir media.Instrumen yang dipakai adalah angket tes dan observasi.Jenis data merupakan data kuantitatif dan kualitatif. Setelah validasi oleh para ahli terhadap media flash card aksara Jawa hasil dari ahli materi bahasa Jawa memperoleh rata-rata persentase85% dan termasuk kriteria sangat valid sedangkan oleh ahli media memperolehrata-rata persen-tase96% dan termasuk kriteria sangat valid. Hasil validasi pengguna (guru mem-peroleh 95%dan termasuk kriteria sangatvalid dan dapat diimplementasikan. Pada uji kelompok kecil memperoleh hasil 94% dan termasuk kriteria sangat valid. Se-dangkan pada uji kelompok besar memperoleh 88 3% dan termasuk kriteria prak-tis.Media termasuk media yang efektif karena 87 5% siswa telah mencapai KKM yang telah ditentukan yaitu 75. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media flash card aksara Jawa valid efisien praktis menarik dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran bahasa Jawa kelas III materi aksara Jawa dan san-dangan swara di SDN Sentonorejo Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu media Flash Card Aksara Jawa meru-pakan salah satu alat bantu belajar membaca aksara Jawa dan sandhanganswara. Penggunaan media bertujuan untuk membangkitkan minat dan motivasi belajar pada siswa. Adapun saran dari ahli materi yaitu tulisan aksara Jawa sebaiknya di-tulis menggantung dan soal latihan hendaknya disesuaikan dengan tujuan pembe-lajaran. Sedangkan saran dari ahli media ialah sudut kartu flash card terlalu ta-jam perlu dibuat agak tumpul/tumpul serta revisi langkah-langkah penggunaan media.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6274

Actions (login required)

View Item View Item