Abdullah, Adi Neneng (2014) Penggunaan media gambar untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Inpres Watujara tahun pelajaran 2013/2014 / Adi Neneng Abdullah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Abdullah Adi Neneng. 2014.Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Inpres WatujaraTahun Pelajaran 2013/2014. Tesis Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I)Prof. Dr. Sudarmiatin (II) Dr. Pius Pampe M.Hum Kata Kunci Media gambar aktivitas belajar hasilbelajar Berdasarkanhasilobservasipadasiswakelas V SD InpresWatujara ditemukan bahwaaktivitasdanhasilbelajardalampembelajaranIPA masihrendah.Rendahnya hasil belajar terindikasi pada persentase siswa yang mencapai ketuntasan nilai ujian tengah semester ganjil tahun 2014 yaitu sebesar 25%. Hal ini disebabkan dalam proses pembelajaran guru hanya menggunakan buku paket sebagai media. Selain itu konsep IPA disajikan secara abstrak oleh guru sehingga siswa kurang memaknai materi dan tidak bisa menyimpulkan materi pelajaran. Aktivitas siswa cenderung hanya mendengar dan terkadang mencatat pelajaran yang diberikan guru. Ketika diberi pertanyaan hanya sebagian siswa yang aktif menjawab dan siswa terlihat bosan mengikuti pelajaran di kelas karena semua kegiatan di dalam kelas hanya berpusat pada guru.Oleh karena itu penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Watujara dengan menggunakan media gambar sebagai media pembelajaran.Kegiatan pembelajaran menitikberatkan kepada siswa sedangkan guru hanya sebagai fasiltator. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reserach ). Penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus yaitu silkus I dengan 2 kali pertemuan dan siklus II dengan 2 kali pertemuan serta melalui 4 tahap yang meliputi tahap perencanaan tindakan observasi dan refleksi. Sedangkan instrumen yang digunakan adalah lembar observasi pembelajaran lembar observasi aktivitas siswa dan soal tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang disajikan secara bertahap sesuai dengan siklus yang telah dilakukan. Dalampenelitianiniditemukanbahwapenggunaan media gambardapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswakelas V SD InpresWatujara.Hal inidapatdilihatdarimeningkatnyanilai rata-rata aktivitassebesar 31.5% darisiklus I sebesar 49.6% menjadi 81.1% padasiklus II.Rincianpresentaseaktivitasbelajarsiswapadasiklus I dan II padasetiapaspekmeliputiaktivitas mental 54% naikmenjadi 93% aktivitaslisan 11% naikmenjadi 51% aktivitas visual 69% menjadi 100% aktivitasmenulis 81% menjadi 100% aktivitasmendengar 73% menjadi 100%.Sedangkan hasilbelajarsiswapadasiklus I sebesar 58.3% meningkatmenjadi 100% padasiklus II. Inimenunjukkanbahwaadapeningkatanhasilbelajarsiswadarisiklus I kesiklus II sebesar 41.7%. Langkah-langkah yang mendukung terjadinya peningkatan aktivitas dan hasil dengan menggunakan media gambar dapat dijelaskan sebagai berikut (1) Menyusun rencana pembelajaran sesuai dengan kompetensi dasar yang akan dicapai (2) Menyiapkan media pembelajaran (3) Menyusun lembar kerja siswa (LKS) (4) Membentuk kelompok belajar yang dibagi menjadi 4 kelompok yang terdiri dari 6 orang pada setiap kelompoknya (5) Menyusun tes hasil belajar siswa (6) Menyusun lembar observasi aktvitas belajar siswa (7) Membuat catatan lapangan untuk mencatat segala aktivitas belajar siswa. Adapun langkah-langkah pada saat pembelajaran adalah sebagai berikut (1) Guru menampilkan gambar jenis pesawat sederhana pada papan tulis (2) Siswa ditunjukan atau diperlihatkan media gambar yang berkaitan dengan materi pesawat sederhana (3) Siswa diminta untuk menebak gambar yang ditunjuk oleh guru (4) Guru menjelaskan semua gambar yang terpampang pada papan tulis kemudian siswa diminta menulis hasil temuan dari hasil gambar yang ditempel pada papan tulis (5) Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang jenis-jenis pesawat sederhana yang ditempelkan (6) Guru membentuk kelompok diskusi (7) Guru membagi LKS pada siswa dan meminta siswa untuk mengerjakan LKS sesuai dengan materi yang diberikan (8) Siswa berdiskusi dan bekerja dalam kelompok sesuai dengan tugas yang diberikan (9) Kelompok yang cepat menyelesaikan LKS dengan benar akan diberikan reward. Berdasarkanhasil analisis data yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan Media Gambardapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDInpresWatujara.Dengan demikian disarankan pada guru untuk menggunakan media gambar sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran IPA di tingkat sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Aug 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62738 |
Actions (login required)
View Item |