Implementasi pembelajaran inkuiri terbimbing dengan menggunakan asesmen autentik untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa kelas IX-E SMP Negeri 2 Jombang / Suhartatik - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pembelajaran inkuiri terbimbing dengan menggunakan asesmen autentik untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa kelas IX-E SMP Negeri 2 Jombang / Suhartatik

Suhartatik (2014) Implementasi pembelajaran inkuiri terbimbing dengan menggunakan asesmen autentik untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa kelas IX-E SMP Negeri 2 Jombang / Suhartatik. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Suhartatik 2014. Implementasi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Menggunakan Asesmen Autentik untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IX-E SMP Negeri 2 Jombang. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi IPA Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Mimien Heni Irawati M.Pd. (II) Dr. Supriyono Koes H. M.Pd. M.A. Kata-kata kunci pembelajaran inkuiri terbimbing asesmen autentik keterampilan berpikir kritis hasil belajar IPA. 12288 12288 12288 12288 Hasil observasi di kelas IX-E SMP Negeri 2 Jombang menunjukkan keterampilan berpikir kritis tergolong kurang yang dibuktikan dari jawaban siswa mengerjakan soal terkait keterampilan berpikir dengan perolehan rata-rata nilai 48 (kriteria kurang). Kondisi tersebut berdampak pada hasil belajar IPA rendah. Hasil beberapa penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Upaya memecahkan masalah dilakukan penelitian dengan tujuan implementasi inkuiri terbimbing menggunakan asesmen autentik untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa kelas IX-E. 12288 12288 12288 12288 Jenis penelitian merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus pada September sampai November 2013 dengan materi sistem ekskresi dan sistem koordinasi pada manusia. Masing-masing siklus terdiri tiga tahap yaitu (a) perencanaan (b) pelaksanaan tindakan dan observasi serta (c) refleksi. PTK mengimplementasikan pembelajaran inkuiri terbimbing (level 2) sintaks terdiri dari enam tahap yaitu (1) mengidentifikasi dan merumuskan masalah (2) mengembangkan hipotesis (3) mengumpulkan data (4) menginterpretasikan data (5) mengembangkan kesimpulan sementara dan (6) replikasi. Pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan asesmen autentik dilaksanakan siswa secara kolaboratif. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa kelas IX-E SMP Negeri 2 Jombang dapat ditingkatkan melalui implementasi pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan asesmen autentik. Pada siklus 1 keterampilan berpikir kritis siswa mencapai 61 (kriteria kritis) dan hasil belajar siswa ranah kognitif mencapai 79 dengan ketuntasan klasikal 79%. Hasil belajar ranah afektif memperoleh 84 sedangkan psikomotorik sebesar 87. Pada siklus 2 keterampilan berpikir kritis siswa mencapai 65 (kriteria kritis) dan hasil belajar siswa ranah kognitif mencapai 81 dengan ketuntasan klasikal 100%. Hasil belajar ranah afektif memperoleh 85 sedangkan psikomotorik sebesar 90. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran inkuiri terbimbing dengan menggunakan asesmen autentik dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa Maka bagi guru disarankan agar dapat mengimplementasikan pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan asesmen autentik pada siswa yang memiliki karakteristik serupa dengan metode dan teknik bervariasi agar tidak mengalami kebosanan terhadap sintaks yang monoton.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62736

Actions (login required)

View Item View Item